Banyak Relawan Asing ke Palu Tanpa Koordinasi, BNPB: Ikuti Prosedur!

| Jum'at, 12/10/2018 13:07 WIB
Banyak Relawan Asing ke Palu Tanpa Koordinasi, BNPB: Ikuti Prosedur! Sutopo Purwo Nugroho (Kepala Data Informasi dan Humas BNPB). (Foto; nusantaranews)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan banyak relawan asing yang tiba-tiba datang ke Palu, Sulawesi Tengah tanpa berkoordinasi dengan Pemerintah Indonesia.

"Ada perorangan, ada dari organisasi asing, menggunakan visa turis dan tanpa keahlian yang diperlukan sesuai yang ditetapkan Pemerintah Indonesia," kata Sutopo, Jum`at, 12 Oktober 2018.

Dia menegaskan, pemerintah hanya memerlukan bantuan asing berupa tranaportasi udara, pengolahan air, generator set dan tenda. Namun, banyak sukarelawan asing yang kemudian datang dengan niat menjadi bagian dari tim pencarian dan pertolongan meski sebagian tidak dapat menujukkan keahlian.

"Apalagi, evakuasi, pencarian dan pertolongan akan dihentikan secara resmi pada Jum`at sore," jelasnya.

Selain itu, Sutopo juga membantah rumor bahwa pemerintah Indonesia mengusir relawan asing dari Sulawesi Tengah, menyatakan bahwa Pemerintah hanya meminta relawan asing memenuhi persyaratan dan prosedur yang ditetapkan.

"Pemerintah Indonesia berterima kasih atas bantuan asing yang dapat membantu masyarakat terdampak bencana. Namun, ikuti ketentuan yang ada," tuturnya.

Sutopo mengatakan sukarelawan asing yang datang tanpa melapor dan berkoordinasi kementerian luar negeri diminta melapor terlebih dahulu.

Tags : BNPB , Relawan Asing , Gempa Palu