Mensesneg Optimis Indonesia Bakal Jadi Pemimpin Negara Muslim di Dunia

| Kamis, 01/11/2018 20:46 WIB
Mensesneg Optimis Indonesia Bakal Jadi Pemimpin Negara Muslim di Dunia Pratikno (Menteri Sekretaris Negara). (Foto: okezonecom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Indonesia merupakan negara yang memiliki penduduk mayoritas di dunia. Meskipun mayoritas, masyarakat Indonesia telah membuktikan bisa hidup berdampingan dengan pemeluk agama lain.

Selain itu, keberagaman suku dan budaya di Indonesia juga membuktikan masyarakat di negara ini bisa menjaga perdamaian dan kesatuan ditengah kemajemukan.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan, dengan fakta tersebut, Indonesia memiliki modal besar untuk menjadi pemimpin negara-negara muslim di dunia. Terlebih lagi, lanjutnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini proyek besar untuk membangun perdamaian di negara-negara Timur Tengah seperti Afganistan dan Pakistan yang seolah tak henti-hentinya diterpa konflik.

"Beberapa waktu lalu Presiden (Jokowi) mengundang ulama Afganistan, Pakistan, bersama dengan ulama Indonesia untuk membicarakan perdamaian bagaimana mereka untuk menyelesaikan pertengkaran itu. Ini adalah sebuah proyek besar Indonesia untuk menunjukkan bahwa Indonesia punya peluang menjadi pemimpin negara-negara muslim di dunia," ujar Pratikno dalam acara Pekan Pancasila di Universitas Islam negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Kamis, 1 November 2018.

Untuk mewujudkan itu, Pratikno meminta masyarakat Indonesia menjaga persatuan dan kesatuan sehingga tak bernasib sama seperti Afganistan. Ia berharap masyarakat tidak terpecah belah karena perbedaan pandangan.

"Betapa pedihnya perang antar saudara sendiri satu agama hanya beda faham saja. Kita harus bersyukur bisa menikmati Bhineka Tunggal Ika," pungkasnya. 

Tags : Indonesia , Negara Muslim , Pratikno