Dihadapan Caleg Perempaun, Jokowi Bocorkan Tips Jadi Wakil Rakyat

| Senin, 05/11/2018 11:37 WIB
Dihadapan Caleg Perempaun, Jokowi Bocorkan Tips Jadi Wakil Rakyat Presiden Jokowi naik motor Custom saat blusukan ke Pasar Anyar Kota Tanggerang, Banten. doc. istimewa

JAKARTA, RADARBANGSA.COM- Calon legislatif Perempuan Koalisi Indonesia Kerja menggelar deklarasi dukungan pemenangan pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 01, Joko Widodo-KH. Ma’ruf Amin di JHL Solitaire Hotel, Gading Serpong, Curug, Tangerang, Minggu 4 Oktober 2018.

Acara yang digelar Direktorat Perempuan Penggalangan Pemilih Perempuan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma`ruf Amin ini dihadiri langsung oleh Jokowi dan diikuti ribuan caleg perempuan dari sembilan parpol yakni PDI Perjuangan, PKB, PKB, PPP, Nasdem, Hanura, Perindo, PSI dan PKPI.

Mendapat dukungan dari Caleg Perempuan, Calon Presiden nomor urut 01, Joko Widodo memberi tips bagaimana agar terpilih menjadi wakil rakyat. Tidak hanya itu, Jokwi juga mengingatkan menjadi anggota dewan itu tidak mudah, perlu ketekunan dan kerja kerasa.

"Tapi untuk jadi anggota DPR, DPRD juga tidak mudah," kata Jokowi dalam sambutannya.

Lalu Jokowi bercerita pengalamannya, ketika mengikuti kontestasi Pemilihan Wali Kota Solo. Kala itu, Jokowi belum terkenal dan musuhnya incumbent. "Menghadapi incumbent itu memang berat," ucap Jokowi.

Tidak terkenal dan lawannya berat, kenapa Jokowi masih mampu memenangkan pertarungan, ini tipsnya.

"Saya tidak pakek cara lama kumpulkan orang di lapangan, itu butu uang, jadi pikiran saya, door to door salaman sama orang," terang Jokowi.

Pengalaman Pilkada DKI Jakarta pada 2012, kondisinya sama, tidak terkenal dan musuhnya incumbent.

"Saya dari kampung ke kamung, enggak ada yang tahu. dari kempung ke kampung, RT, ke RT melakukan hal yang sama dari subuh sampai subuh," ujar Jokowi.

Bagi Caleg Perempuan, Kata Jokowi selain bersalaman dengan orang, mendatangi warga, perlu juga menjelasakan visi dan misinya.

"Dijelaskan dengan baik oleh ibu-ibu, dari hati ke hati dari pintu ke pintu. Dapat suara dan bisa menjadi anggota DPR dan DPRD itu saja menurut saya kuncinya. Memang capek memang memerlukan tenaga yang berlebih. Tapi itu yang harus kita lakukan," kata Jokowi.

Tags : Joko Widodo , Caleg Perempuan , Pemilu 2019

Berita Terkait