Banyak Politisi Takuti Rakyat, Jokowi: Itu Namanya Politik Genderuwo!

| Jum'at, 09/11/2018 16:23 WIB
Banyak Politisi Takuti Rakyat, Jokowi: Itu Namanya Politik Genderuwo! Presiden Jokowi (foto: setkab)

TEGAL, RADARBANGSA.COM - Presiden RI Joko Widodo membagikan sertifikat tanah kepada masyarakat di Kabupaten tegal, Jawa Tengah, Jum`at, 9 November 2018. Dalam sambutannya, Jokowi kembali menyinggung politisi di Indonesia yang menurutnya sering menakuti rakyat.

Mantan Walikota Solo itu menyebut, saat ini banyak politisi yang suka mempengaruhi tapi tak beretika. Ia menilai, para politisi ini tidak memiliki sopan santun politik yang baik.

"Coba kita lihat politik dengan propaganda menakutkan, membuat ketakutan, kekhawatiran. Setelah takut, yang kedua membuat sebuah ketidakpastian. (Pada akhirnya) masyarakat menjadi...memang digiring untuk kesana. Dan yang ketiga menjadi ragu-ragu masyarakat," kata Jokowi di Tegal, Jum`at, 9 November 2018.

Jokowi menambahkan, dirinya mengaku heran mengapa politisi tersebut justru membuat masyarakatnya takut. Bukan sebaliknya, memberikan ketenangan kepada masyarakat.

"Masak masyarakatnya sendiri dibuat ketakutan? Enggak benar kan? itu sering saya sampaikan. Itu namanya politik genderuwo, nakuti-nakuti," tuturnya.

Tak lupa, Jokowi mengingatkan agar masyarakat tidak terpecah belah di gelaran Pemilu. Sebagai saudara sebangsa dan setanah air, persatuan dan kesatuan jangan sampai rusak karena pesta politik.

"Jangan sampai tidak rukun, tidak bersatu, menjadi pecah belah gara-gara pilihan presiden, gubernur, bupati," pungkasnya. 

Tags : Jokowi , Politisi Genderuwo , Pemilu , Pilpres 2019