Ajak Masyarakat Bangun Saung Baca, Sekolah Ini Terapkan Materi “KPK”

| Jum'at, 28/12/2018 19:06 WIB
Ajak Masyarakat Bangun Saung Baca, Sekolah Ini Terapkan Materi “KPK” Sejumlah siswi membaca buku di saung baca yang dibangun oleh sekolah dan masyarakat, saung tersebut kini bisa dinikmati oleh siswa SMPN 11 Batang Hari sebagai tempat membaca, Senin, (03/12). (Foto: ahmadsaifulbahri)

BATANGHARI, RADARBANGSA.COM - Menindaklanjuti kegiatan pelatihan manajemen berbasis sekolah (MBS) Program PINTAR Tanoto Foundation beberapa waktu lalu, Kepala SMPN 11 Batang Hari membuat saung baca di halaman sekolahnya.

Darmawijaya Nur, Kepala SMPN 11 Batang Hari yang juga fasilitator daerah program PINTAR Tanoto Foundation mengatakan pihaknya terus melakukan inovasi dalam meningkatkan program budaya baca, salah satunya adalah membangun saung baca.

“Saya bangun saung baca ini dalam rangka mendekatkan siswa untuk membaca buku, ada sekitar 40 sampai 50 siswa membaca di saung ini setiap harinya,” ujarnya, melalui sambungan telepon, Rabu, 27 Desember 2018.

Materi “KPK” atau Keteladanan, Pembiasaan, dan Ketersediaan buku yang dikenalkan oleh Program PINTAR Tanoto Foundation nampaknya sangat membekas di hati Darmawijaya, buktinya dirinya dan guru-guru mengajak masyarakat membuat saung baca dan program yang paling banyak berkunjung ke perpustakaan akan mendapatkan hadiah buku.

”Dukungan kami tidak main-main dalam program literasi ini, agar siswa tertarik memiliki hobi membaca, kami siapkan hadiah buku dari sekolah dan saung baca agar semakin dekat dengan siswa,” tegasnya.

Darmawijaya juga mengatakan, saung baca di sekolahnya saat ini berjumlah dua buah hasil kerja sama dengan masyarakat sekitar.

”Bantuan masyarakat berupa bahan seperti bambu, daun pohon sagu dan tenaga, kita ajak mereka musyawarah dulu lalu tinggal kita laksanakan,” pungkasnya. (Ahmad Saiful Bahri)

Tags : Porgram PINTAR , Saung Sekolah , Minat Baca

Berita Terkait