PKB Tanggapi Usul Debat Parpol di Pemilu 2019

| Selasa, 12/03/2019 14:49 WIB
PKB Tanggapi Usul Debat Parpol di Pemilu 2019 Wakil Ketua TKN Jokowi-Maruf Amin, Abdul Kadir Karding (dok AKK Center)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM- Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Kadir Karding menanggapi usulan Ketum PSI Grace Natalie yang berharap adanya debat Partai Politik (Parpol) pada Pemilu 2019 kali ini.

Menurut Karding, debat parpol itu penting, agar masyarakat bisa lebih mengenal visi, misi, dan program partai peserta pemilu 2019.

"Saya kira problemnya bukan soal kita debat, tetapi lebih pada soal waktu dan teknisnya, agar ribet kalau diterapakan sekarang ini. Karena saat ini waktu tinggal sedikit dan KPU tidak memutuskan soal debat Parpol," Kata Karding, Selasa, 12 Maret 2019.

Sesama partai koalisi, Karding berharap sesama partai bahu membahu untuk memenangkan pasangan Capres-Cawapres nomor urut 01, Joko Widodo-Ma`ruf Amin. Ia pun menyebut kalau gagasan PSI itu cocoknya diwacanakan untuk Pemilu 2014.

"Untuk itu, saya kira gagasan itu di pemilu yang akandatang bisa dipakai. Mari kita fokus dulu untuk pemenangan Pak Jokowi sekaligus memenangkan partainya masing-masing," ujar Karding.

Sebelumnya, Ketua Umum PSI Grace Natalie berharap KPU, civil society atau media massa memfasilitasi debat antar partai.  "Bagi kami debat ini penting untuk memastikan kualitas DPR mendatang tidak lebih buruk,” harap Grace.

Grace menyayangkan proses penyelenggaraan Pemilu 2019 yang masih kurang memberikan ruang eksplorasi bagi publik. Padahal pemilu merupakan ajang kompetisi politik. Sudah seharusnya, publik mendapatkan kesempatan untuk melihat kontestasi antar partai-partai politik peserta pemilu.

“Ada satu hal yang masih kurang dari proses Pemilu kali ini. Publik kehilangan kesempatan untuk melihat kontestasi ide diantara 16 partai politik," ujarnya.

Tags : PKB , Debat , Pemilu 2019 , Kadir Karding