Mulai Hari Ini, KPU RI Gelar Pleno Hasil Pemilu Luar Negeri

| Sabtu, 04/05/2019 15:46 WIB
Mulai Hari Ini, KPU RI Gelar Pleno Hasil Pemilu Luar Negeri Komisi Pemilihan Umum (KPU).

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat pleno rekapitulasi nasional hasil penghitungan suara Pemilu 2019 sejak hari ini.

Ketua KPU Arief Budiman berujar, rapat pleno hari ini akan diawali dengan dengan rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilu yang digelar di luar negeri.

"Hari ini kami akan memulai rapat pleno rekapitulasi hasil perolehan suara tingkat nasional dan bagian akhir akan ditetapkan hasil Pemilu Nasional 2019," kata Arief di Kantor KPU, Sabtu 4 Mei 2019.

Rapat pleno tersebut turut dihadiri oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP), Panitia Penyelenggara dan Pemilu Luar Negeri (PPLN).

Selain itu, rapat juga dihadiri oleh perwakilan masing-masing partai dan perwakilan dari Tim Kampanye Naional (TKN) Jokowi-Ma`ruf Amin maupun Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo- Sandiaga Uno.

Komisioner KPU Viryan Azis mengatakan akan ada 26 dari total 130 hasil pemilu luar negeri yang ada dibacakan dalam rapat pleno KPU hari ini. 

Hasil pemilu tersebut antara lain dari Sarajevo, Pyong Yang, Lima, Tashkent, Cape Town, Bucharest, Tunis, Lisabon, Karachi, Praha, Hanoi, Yangon, dan Rabat.

Selain itu ada pula hasil pemilu dari New Delhi, Dakar, Helsinki, Wina, Moskow, Khartoum, Bandar Seri Begawan, Taipei, Kuwait, Melbourne, Singapura, Perth, dan Tokyo.

Rencananya, kata Viryan, rekapitulasi hasil pemilu luar negeri bakal berlangsung selama empat hari atau sampai tanggal 8 Mei mendatang.

Tags : Pemilu 2019 , KPU , Rekapitulasi

Berita Terkait