Jokowi Menang di Uzbekistan, Kalah di Pakistan, Imbang di Tunisia

| Sabtu, 04/05/2019 16:59 WIB
Jokowi Menang di Uzbekistan, Kalah di Pakistan, Imbang di Tunisia Suasana rekapitulasi penghitungan suara Pemilu Luar Negeri di kantor KPU RI (dok Radarbangsa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengawali rekapitulasi nasional hasil penghitungan suara Pemilu 2019 Luar Negeri hari ini dari tiga wilayah, yaitu Pakistan, Uzbekistan dan Tunisia.

Hasilnya pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 Joko Widodo-KH. Ma’ruf Amin berhasil menguasai satu dari tiga negara mayoritas Islam tersebut, yaitu Uzbekistan.

Di Uzbekistan, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Tashkent mencatat Prabowo-Sandi mengumpulkan 18 suara, berbanding 51 suara yang didapatkan oleh Joko Widodo-Ma`ruf Amin.

Sedangkan pasangan Prabowo-Sandi unggul di Karachi, Pakistan, dengan perolehan 174 suara. Sang lawan hanya meraup 27 suara.

Dua kontestan Pilpres 2019 tersebut sama kuat di Tunisia. PPLN Tunis mencatat Prabowo-Sandi dan Jokowi-Ma`ruf sama-sama memperoleh 66 suara.

PPLN Tashkent, Karachi dan Tunis hari ini mempresentasikan hasil pencoblosan dalam rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat nasional di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta, Sabtu 4 Mei 2019.

Tags : Jokowi , Prabowo , KPU , Rekapitulasi