Cegah Perselisihan Tenaga Kerja, Disnaker Balikpapan Gelar Friday Guiding

| Selasa, 09/04/2019 19:32 WIB
Cegah Perselisihan Tenaga Kerja, Disnaker Balikpapan Gelar Friday Guiding Kepala Disnaker Balikpapan, Tirta Dewi memimpin rakor persiapan Friday Guiding (dok Dianaker Balikpapan)

BALIKPAPAN, RADARBANGSA.COM - Mencegah terjadinya perselisihan tenaga kerja, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Balikpapan menggelar program Friday Guiding.

Kegiatan tersebut dilaksanakan setiap Jumat pagi, di Kantor Dinas Tenaga Kerja Balikpapan. Tujuan dari program tersebut, untuk membimbing perusahaan membuat peraturan perusahaan yang sesuai dengan perundang-undangan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Balikpapan, Tirta Dewi mengungkapkan, program tersebut baru diluncurkan tahun ini, dan digelar setiap Jumat pagi.

“Program ini, upaya kami untuk mencegah terjadinya perselisihan antara tenaga kerja dan perusahaan. Tahun ini baru dibuat programnya,” ungkapnya Senin, 8 April 2019.

Materi yang diberikan, mengenai cara membuat peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja yang sesuai dengan Undang-Undang Ketenagakerjaan. “Dalam sekali kegiatan, ada lima perusahaan yang ikut diwakili oleh HRD. Yang mengisi dari Dinas Tenaga Kerja, dan akademisi ataupun perusahaan,” urainya.

Dalam kegiatan tersebut, perusahaan bisa belajar bagaimana menyusun skala upah. Selain program Friday Guiding, pihaknya juga membuat program motivasi untuk pencari kerja setiap hari Rabu.  “Materi yang diberikan diantaranya yaitu terkait bagaimana dan kenapa pencaker seringkali gagal dalam tes saat melamar pekerjaan. Program yang kami buat juga tidak dipungut biaya,” tandasnya.

Tirta Dewi menambahkan program motivasi ini sudah berjalan selama tiga tahun. Setiap kegiatan, diikuti 25 peserta, dengan pengisi petugas Disnaker dan perusahaan. 

“Kita juga memberikan motivasi dan menginfokan pencaker, yang terpenting bukan hanya soft skill, namun juga hard skill. Bagaimana kemampuan sesuai bidang yang dibuka perusahaan,” tambahnya.

Tags : Disnaker , Balikpapan , Friday Guiding

Berita Terkait