Serahkan 3.000 Sertifikat Tanah, Jokowi: Bali Provinsi Pertama yang Selesai Sertifikatnya

| Jum'at, 14/06/2019 20:13 WIB
Serahkan 3.000 Sertifikat Tanah, Jokowi: Bali Provinsi Pertama yang Selesai Sertifikatnya Presiden RI Joko Widodo membagikan 3.000 sertifikat di Kabupaten Bangli, Bali, Jumat (14/6). (Foto: twitter @jokowi)

DENPASAR, RADARBANGSA.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyerahkan 3.000 sertifikat hak atas tanah kepada masyarakat di Desa Taman Bali, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali, Jumat, 14 Juni 2019 siang.

Dalam sambutannya, Jokowi memperkirakan pada tahun 2025 nanti seluruh bidang tanah yang seharusnya memiliki sertifikat akan memperolehnya. Karena itu, ia mengajak rakyat bersyukur karena nantinya Provinsi Bali akan menjadi yang pertama semua sertifikat itu selesai.

“Itu tahun ini. Tadi Pak Menteri Agraria sudah sampaikan. Bali adalah pertama, provinsi pertama yang semuanya nanti sudah bisa pegang sertifikat,” kata Presiden Jokowi yang disambut tepuk tangan warga yang hadir.

Jokowi menjelaskan, kalau dirinya pergi ke desa, ke kampung, ke daerah, selalu yang masuk adalah laporan sengketa tanah, sengketa lahan, konflik tanah. Konflik bisa terjadi tetangga dengan tetangga, bapak dengan anaknya, masyarakat dengan pemerintah, dan masyarakat dengan BUMN.

Oleh sebab itu, ia mengingatkan, yang namanya sertifikat, tanda bukti hak hukum atas tanah yang kini penting sekali untuk mendinginkan suasana yang ada di setiap daerah agar tidak ada yang namanya konflik tanah lagi, sengketa tanah, maupun sengketa lahan.

“Kalau sudah pegang ini mau apa? Ada orang ngaku-ngaku “Ini tanah saya”, “Heh, tanah saya. Sertifikatnya ada.” Di sini juga jelas, nama pemegang hak di sini, desanya jelas, semua. Meter perseginya berapa di sini ada semua. Udah, mau apa coba? Mau ke pengadilan? Pasti menang, pegang ini kok,” tuturnya.

Diketahui, turut hadir dalam kesempatan itu antara lain Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Jalil, dan Gubernur Bali I Wayan Koster. 

Tags : Jokowi , Sertifikat Tanah , Bali