Gus Yahya: Perusuh Demokrasi Harus Diberantas

| Kamis, 27/06/2019 19:05 WIB
Gus Yahya: Perusuh Demokrasi Harus Diberantas KH Yahya Cholil Staquf (Katib Aam PBNU). (Foto: tribunnewscom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Katib `Aam Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya menyayangkan adanya kelompok yang menggelar demonstrasi di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat saat sidang di Mahkamah Konstitusi (MK) berlangsung.
Menurut Gus Yahya, sudah bukan saatnya lagi melakukan aksi jalanan yang menjurus kepada perpecahan sesama anak bangsa. Sebab, agenda demokrasi terkait gugatan hasil Pilpres 2019 sedang diproses di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Saya menduga, kelompok ini merupakan pihak-pihak yang tidak memiliki niat baik untuk berpartisipasi pada agenda demokrasi di Indonesia. Artinya, mereka memiliki niatan lain terkait dengan sistem bernegara yang ada di negara ini,” kata Gus Yahya seperti dilansir dari laman nu.or.id, Kamis, 27 Juni 2019.

Putra KH Cholil Bisri ini meminta kepada pihak terkait, dalam hal ini aparat keamanan dan penegak hukum, untuk memberantas kelompok tersebut. Menurutnya, mereka terbukti tidak tertib hukum, merusak tatanan sosial, dan harmonisasi masyarakat. Bahkan, kelompok itu kerap merundung siapapun yang menolak keinginan kelompok tersebut.

“Kita tahu, kelompok yang ngotot itu selama ini biasa berperilaku bully. Mereka rajin mem-bully siapapun yang tidak menuruti kemauan mereka. Karena pernah berhasil dengan cara itu, mereka jadi kecanduan. Sejak awal, mereka memang tidak punya niat berpartisipasi dalam demokrasi. Mereka terus saja mencari kesempatan,” jelasnya.

Gus Yahya menuturkan, kelompok yang masih melakukan upaya kerusuhan di sekitar gedung MK diduga kuat sebagai kelompok yang berideologi anti Pancasila dan preman bayaran pihak tertentu.

Cara memberantas kelompok itu, kata Gus Yahya, dengan menegakkan hukum secara tegas dan imparsial. Kemudian, masyarakat yang menginginkan terpeliharanya kehidupan berbangsa dan bernegara harus tertib dan harmonis. “Harus bersatu mengucilkan kelompok pem-bully ini dari seluruh ruang publik,” tegasnya.

Ia mengimbau kepada seluruh warga NU dari Sabang sampai Merauke untuk melakukan konsolidasi agar aktif melakukan pembinaan kerukunan di masyarakat. Selain itu, siapapun warga yang berselisih karena beda pilihan harus dirangkul kembali.

“Mengapa demikian? Karena, Nahdlatul Ulama dalam posisi yang sempurna. Yaitu, sebagai katalisator pembangunan peradaban Indonesia di masa depan,” pungkas Gus Yahya.

Tags : Gus Yahya , Perusuh , Demokrasi , Nahdlatul Ulama

Berita Terkait