Gibran dan Kaesang Masuk Bursa Calon Walikota Solo, Begini Respon jokowi

| Sabtu, 27/07/2019 08:36 WIB
Gibran dan Kaesang Masuk Bursa Calon Walikota Solo, Begini Respon jokowi Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo menghadiri kampanye terbuka di Solo, Selasa (9/4). (Foto: tirtoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo merilis hasil survei bursa calon walikota Solo periode 2020-2025. Hasilnya dua Putra presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep masuk bursa bakal calon Wali Kota Solo periode 2020-2025.

"Ini sesuai dengan hasil survei yang kami lakukan," kata Ketua Laboratorium Kebijakan Publik Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo, Suwardi di Solo, Kamis 25 Juli 2019.

Suwardi, menyebutkan ada 96 titik lokasi survei dengan delapan responden di masing-masing titik. Dia juga menyebut tak semua data bisa dianalisis.

“Jumlah total kuesioner yang kami sebarkan ada 768. Akan tetapi, yang dua tidak bisa dianalisis sehingga dibuang. Jadi, ada 766 yang kami uji sampel dengan margin error 4 persen," katanya.

Menanggapi hal tersebut, Jokowi menyambut positif terkait masuknya nama dua putranya dalam bursa calon Wali Kota Solo. Dia mengaku baru mengetahui hal tersebut semalam.

"Ya tadi malam saya baca, surveinya saya baca. Ya saya senang aja," ujar Jokowi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat 26 Juli 2019.

Mantan Wali Kota Solo ini menambahkan, dirinya sama sekali tidak memaksa kedua putranya untuk terjun ke dunia politik. Dia bahkan menyebut kedua putranya adalah anak yang mandiri.

"Mereka ini anak-anak mandiri. Mau bisnis ya silakan, mau jualan pisang silakan. Jualan martabak silakan. Tanyakan saja ke anaknya langsung," kata Jokowi.

Saat disinggung apakah dirinya akan mendukung langkah Gibran dan Kaesang jika ingin terjun ke dunia politik, Jokowi menyebut, sebagai orang tua dirinya hanya bisa mendukung anak-anaknya.

"Orang tua tuh bisanya hanya itu (mendukung). Kalau sudah diputuskan anak-anak, ya apa pun. Jualan pisang saya dukung jualan martabak saya dukung," ucapnya.

Tags : Jokowi , Gibran , Kaesang , Solo