Muktamar PKB 2019 Hasilkan 9 Poin Deklarasi Bali

| Kamis, 22/08/2019 07:24 WIB
Muktamar PKB 2019 Hasilkan 9 Poin Deklarasi Bali Ketua DPC PKB Kabupaten Lanny Jaya, Thenius Murib membacakan Deklarasi Bali (dok Radarbangsa/Tonda)

NUSA DUA, RADARBANGSA.COM - Muktamar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 2019 melahirkan Deklarasi Bali yang berisikan sembilan poin. Salah satu poin yaitu komitmen PKB menjaga, mengawal, dan mengokohkan Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ketua DPC PKB Kabupaten Lanny Jaya, Thenius Murib bertugas membacakan Deklarasi Bali saat penutupan Muktamar PKB di Nusa Dua, Bali, Rabu 21 Agustus 2019.

Berikut redaksi kutip isi dari Deklarasi Bali:

  1. Pancasila dan NKRI adalah final. Tidak ada dan tidak boleh ada ideologi yang menentang eksistensi ideologi Pancasila, di Indonesia tidak ada tempat bagi kelompok yang akan mengoyak NKRI.
  2. Kemanusiaan global, mendorong dan turut mempromosikan Islam Nusantara dalam kehidupan global sebagai solusi atas berbagai konflik dan tragedi kemanusiaan global atas nama agama.
  3. Keberpihakan, bekerja total dan mengabdikan seluruh agenda politiknya untuk melayani, memfasilitasi dan membela kaum yang lemah dan terpinggirkan akibat sistem dan kebijakan yang tidak adil dan berpihak kepada rakyat.
  4. Menuntaskan kaderisasi politik di semua lapisan masyarakat untuk memastikan terjadinya estafet dan regenerasi kepemimpinan politik yang dijiwai nilai-nilai kebangsaan, keagamaan dan kemanusiaan.
  5. Melanjutkan dan memperkuat khidmat kepada NU dan warga nahdliyin khususnya di bidang pendidikan dan pembangunan sumberdaya manusia, ekonomi mikro, kecil dan menengah.
  6. Mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan menggerakan inovasi di kalangan kaum muda dan generasi milenial agar dapat bersaing dengan bangsa-bangsa lain sekaligus berkontribusi bagi pembangunan nasional dan kemajuan bangsa.
  7. Demokrasi inklusif, mentransformasikan demokrasi Indonesia menjadi demokrasi yang inklusif.
  8. Mewujudkan kedaulatan desa dengan mengawal dan terus memperkuat desa sebagai pilar kebudayaan bangsa dan perekonomian nasional.
  9. Politik hijau, meneguhkan PKB sebagai "green party" dengan mempromosikan politik yang berperspektif lingkungan sebagai prasyarat bagi terwujudnya pembangunan berkelanjutan berbasis pada nilai-nilai rahmatan lil alamin.
Tags : Muktamar PKB , Deklarasi Bali

Berita Terkait