Jokowi Bakal Umumkan Ibu Kota Baru Senin Siang Ini

| Senin, 26/08/2019 10:27 WIB
Jokowi Bakal Umumkan Ibu Kota Baru Senin Siang Ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Akun Youtube Sekretariat Presiden mendadak viral usai mengunggah video berjudul "Upcoming Live | Presiden Jokowi Mengumumkan Ibu Kota Baru."

Video berduras satu menit ini mengabarkan jika Presiden Joko Widodo bakal mengumumkan lokasi ibu kota yang baru pada Senin 26 Agustus 2019 pukul 13.00 WIB.

Sebelumnya, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR), Sofyan Djalil mengatakan, ibu kota baru Indonesia ada di Kalimantan Timur (Kaltim). Kendati demikian, Sofyan tidak mengungkapkan lokasi persis yang akan dibangun sebagai pusat pemerintahan baru.

"Iya, Kaltim, tapi belum tahu lokasi spesifiknya di mana yang belum," kata Sofyan di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Kamis 22 Agustus 2019.

Sementara, Presiden Jokowi juga tidak mengiyakan atau membantah pernyataan salah satu bawahannya tersebut. Dia menyebut, lokasi segera diumumkan setelah kajian benar-benar tuntas.

Selain Kaltim, Kota Palangkaraya di Kalimantan Tengah juga digadang-gadang sebagai calon ibu kota baru.

Secara geografis, kota ini berada di pusat kepulauan Indonesia dan bapak pendiri bangsa, Soekarno, juga pernah mengusulkan untuk menjadikannya ibu kota.

Tags : Jokowi , Ibu Kota , Kalimantan