Tokoh Papua dan Papua Barat Temui Jokowi, Sampaikan 10 Permintaan

| Selasa, 10/09/2019 17:04 WIB
Tokoh Papua dan Papua Barat Temui Jokowi, Sampaikan 10 Permintaan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima tokoh Papua dan Papua Barat di Istana Negara, Jakarta, Selasa (10/9). (Foto: twitter @setkabri)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima 61 tokoh yang merupakan representasi masyarakat Papua dan Papua Barat, di Istana Negara, Jakarta, Selasa, 10 September 2019 siang.

Kepala BIN Budi Gunawan dalam laporannya mengatakan, tokoh masyarakat Papua dan Papua Barat yang hadir itu berjumlah 61 orang, yang mewakili komponen tokoh adat, gereja, organisasi, akademisi, mahasiswa, wanita, dan pemuda.

“Para tokoh ini telah hadir di Jakarta sejak 6 September lalu untuk menyampaikan aspirasi yang terkait dengan bagaimana memajukan Papua dan meningkatkan kesejahteraannya menjadi lebih baik dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Budi.

Baca Juga: Presiden Makan Siang dengan Pemenang Festival Gapura Cinta Negeri dari Papua

Sementara pemimpin rombongan tokoh Papua, Abisai Rollo, mengatakan kedatangannya ke Istana untuk menyampaikan harapan, kecemasan, dan kebutuhan serta beberapa pemikiran ke depan untuk tanah Papua yang lebih baik dengan fokus pada pengembangan sumber daya manusia (SDM).

“Kami fokus pada sumber daya manusia karena Papua disebut daerah kaya dengan sumber daya alam namun tidak sebanding dengan jumlah dan kualitas sember daya manusia orang asli Papua yang mampu memanfaatkan sumber daya alam ini,” kata Abisai.

Abisai lalu menyampaikan 10 poin permintaan untuk masyarakat Papua-Papua Barat, yang di antaranya berisi tentang pemekaran daerah di Papua dan Papua Barat, pembangunan Asrama Nusantara di seluruh kota studi pelajar/mahasiswa Papua, hingga permintaan pembangunan Istana Presiden di Papua.

Dalam kesempatan ini, Jokowi didampingi oleh Menko Polhukam Wiranto, Mensesneg Pratikno, Menlu Retno Marsudi dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan. Usai pertemuan, Jokowi dan tokoh Papua dan Papua Barat foto bersama di halaman Istana Negara. 

Tags : Jokowi , Papua , Papua Barat