Gus Muhaimin Instruksikan PKB Tradisikan Hitungan Hijrah Peringati Haul Gus Dur

| Kamis, 12/09/2019 22:45 WIB
Gus Muhaimin Instruksikan PKB Tradisikan Hitungan Hijrah Peringati Haul Gus Dur Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) menyampaikan sambutan dalam acara Haul ke-10 Gus dur di kantro DPP PKB, Jakarta, Kamis (12/9). (Foto: Bang Al/radarbangsacom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ratusan keluarga besar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) malam ini, Kamis, 12 September 2019, menggelar Haul KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Haul sengaja dilaksanakan hari ini dengan menggunakan hitungan tahun hijriah setiap bulan Muharram. Dimana Gus Dur wafat pada 14 Muharram.

"Mulai dari haul ke 10 ini, PKB akan melaksanakan Haul Gus Dur dengan hitungan hijriah. Dan, itu akan menjadi tradisi," ujar Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin, Kamis, 12 September 2019 di kantor DPP PKB.

Menurut Gus Muhaimin, bulan Muharram merupakan bulan penuh keajaiban, bulan penuh berkah. Dengan begitu, PKB berharap mendapatkan berkah dan keajaiban Muharram.

"Gus Dur bagi seluruh kader dan keluarga besar PKB adalah inspirasi perjuangan, motivator perjuangan, spirit perjuangan menjadikan rakyat Indonesia adil dan makmur," ujarnya.

Baca Juga: Pak Habibie Wafat, Gus Muhaimin: Kita Kehilangan Sosok Teladan yang Genius

Selain memperingati Haul Gus Dur, kata Gus Muhaimin, PKB juga mendoakan beberapa kiai yang baru-baru ini berpulang ke pangkuan Allah SWT, yakni KH Muchlas Dimyati dan KH Abdul Fatah.

"Bulan-bulan ini PKB tertimpa duka yang mendalam, kehilangan dua kiai berkharisma, KH Muchlas Dimyati dan KH Abdul Fatah," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Dewan Syuro DPP PKB KH Maman Imanulhaq menuturkan bahwa pelaksanaan Haul Gus Dur dalam hitungan hijriah mengikuti tradisi pelaksanaan haul Wali Songo.

"Gus Dur merupakan seorang guru bangsa yang mengikuti jejak dan langkah Wali Songo dalam mengamalkan ajaran Islam," katanya.

Gerak langkah Gus Dur, kata Kang Maman, terinsiprasi dari gerak langkah Wali Songo dalam menyebarkan Islam di Indonesia. "Dan, gerak langkah itu kemudian menjadi gerak langkah PKB saat ini di bawah nahkoda Gus Muhaimin," tuturnya.

Tags : Gus Muhaimin , Haul Gus Dur , Muharram

Berita Terkait