Hadiri Musrembang Nagari Sungai Sariak, Firdaus Harap BUMNag Bermanfaat untuk Masyarakat

| Senin, 30/09/2019 19:10 WIB
Hadiri Musrembang Nagari Sungai Sariak, Firdaus Harap BUMNag Bermanfaat untuk Masyarakat Firdaus, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Fraksi PKB menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Ambuang Kapur Sungai Sariak, Kabupaten Padang Pariaman, Senin (30/9). (Foto: imam/radarbangsacom)

PADANGPARIAMAN, RADARBANGSA.COM - Pemerintahan Nagari jangan fokus pada pembangunan fisik atau infrastruktur saja. Namun juga melakukan pemberdayaan masyarakat dan sektor ekonomi yang dikembangkan dengan Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag).

"Sebagai nagari yang baru mekar tentu infrasruktur sangat dibutuhkan, akan tetapi tidak hanya fokus pada fisik saja, perlu juga memperhatikan program pemberdayaan dan pengembangan Sumber daya Manusia (SDM)," kata Anggota DPRD Sumbar Firdaus saat menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Ambuang Kapua Sungai Sariak, Kecamatan VII Koto, Padang Pariaman, Senin, 30 September 2019.

Anggota DPRD Fraksi PKB ini menyampaikan, dengan adanya BUMNag di nagari ini akan bermanfaat untuk perkembangan ekonomi masyarakat, tentu pengurus BUMNag harus bisa memilih bidang usaha yang akan dikembangkan di suatu nagari sesuai dengan potensi perekonomian di nagari tersebut.

"Kalau BUMnag ini berkembang pesat saya yakin orang tidak akan berebut menjadi wali nagari, akan tetapi berebut menjadi direktur BUMNag. Kenapa tidak, BUMNag yang sukses itu akan memberikan tambahan pemasukan untuk nagari," kata Firdaus.

Baca Juga: Generasi Muda Padang Pariaman Minta Firdaus Maju Pilkada 2020

Firdaus mengimbau kepada masyarakat untuk memberikan usulan kegiatan 2020 sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dengan Musrembang ini berarti usulan pembangunan nagari itu adalah sesuai dengan keinginan masyarakat.

"Jadi kami minta kepada masyarakat untuk mengusulkan rencana pembangunan sesuai dengan kebutuhan masyarakat," kata Firdaus yang juga Mantan Konsultan Dana Desa Sumbar itu.

Tidak hanya itu, Firdaus menyampaikan kepada pendamping desa untuk melakukan pendampingan secara maksimal pada pihak nagari. Agar rencana pembangunan yang dijalankan oleh pemerintah nagari bisa berjalan dengan lancar.

"Kami meminta pendamping desa juga melakukan pendampingan secara maksimal agar kegiatan itu berjalan mulai dari penjaringan usulan, perencanaan, pengerjaan hingga pelaporan kegiatan di Nagari," katanya.

Ia menyampaikan, selaku anggota DPRD Provinsi Dapil Padang Pariaman akan mengakomodir kebutuhan dari masyarakat Nagari Ambuang Kapur Sungai Sariak. Tentu untuk mengakomodirnya harus sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Untuk 2020 ini memang belum bisa dipastikan kita arahkan pokok pikiran ke sini. Namun 2021 pasti kita arahkan ke sini, sepanjang sesuai dengan aturannya," kata Firdaus.

Baca Juga: Sepekan Usai Dilantik, Firdaus Langsung Temui Masyarakat Jaring Aspirasi

Sementara, Walinagari Ambuang Kapua Sungai Sariak, Kardimon mengatakan Musrembang yang dilaksanakan ini merupakan musrembang kedua setelah nagari Ambuang Kapur Sungai Sariak defenitif. "Musrembang ini merupakan menyusun perencanakaan pembangunan 2020, kegiatan ini dilaksanakan berjenjang mulai dengan rembuk korong, hingga pembahasan tingkat nagari," katanya.

Ia berharap pada musrembang yang dilaksanakan tahun ini bisa lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Serta menjadikan musrembang ini sebagai evaluasi untuk nagari.

"Kita berharap kekurangan-kekurangan yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya tidak terjadi lagi untuk kedepan, kita jadikan ini sebagai pedoman. Kami juga meminta kepada masyarakat untuk mendukung penuh program pemerintahan nagari," katanya.

Kepada Firdaus, ia berharap bisa membawa aspirasi masyarakat Ambung Kapur dan mengarahkan dana pokirnya untuk pembangunan di Nagari Ambung Kapur Sungai Sariak. "Selama ini pembangunan nagari tidak terlepas dari dana desa, namun tidak semua bisa diakomodir. Untuk itu besar harapan kami ada aspirasi dari provinsi," ucapnya.

Tags : Firdaus , Musrembang , BUMNag , Padang Pariaman

Berita Terkait