Kiai Said: Pesantren Miliki Peran Strategis dalam Pembangunan Indonesia

| Rabu, 09/10/2019 17:54 WIB
Kiai Said: Pesantren Miliki Peran Strategis dalam Pembangunan Indonesia Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj secara resmi membuka Mukernas Sako Pramuka Maarif NU di Jakarta, Jumat (30/8). (Foto: NU Online)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siroj mengatakan, pesantren memiliki peran yang sangat strategis dalam pembangunan bangsa.

Menurutnya, Islam memerintahkan untuk membentuk generasi yang unggul dan kuat dari segi keilmuan, harta dan kesehatan. Islam tidak pernah mengajarkan untuk memiliki keturunan yang lemah dan bodoh.

“Kemiskinan sering terjadi di tepi kekayaan alam dan pantai. Nabi Muhammad SAW bersabda ada tiga hal yang tidak boleh dimonopoli yakni air, enerti dan hutan. Itu milik bersama dan tidak boleh dijualbelika,” kata KH Said Aqil Siroj di Jakarta, Selasa 8 Oktober 2019 kemarin.

Kiai Said menuturkan, kelautan Indonesia merupakan anugrah terbesar bagi bangsa Indonesia, ditambah kepulauan yang jumlahnya mencapai tujuh belas ribu lebih.

“Maka pengelolaannya harus profesional dengan ilmu. Karena jihat itu membangun masyarakat agar terhindar dari kemiskinan, papan dan sandang,” tuturnya dikutip dari laman nuonline.

Tags : PBNU , Pesantren , Pembangunan Indonesia

Berita Terkait