Tingkatkan SDM, Kadafi Dorong Pemerintah Bangun L2DIKTI Setiap Daerah

| Selasa, 12/11/2019 16:45 WIB
Tingkatkan SDM, Kadafi Dorong Pemerintah Bangun L2DIKTI Setiap Daerah Anggota DPR RI FPKB Muhammad Kadafi (tengah) foto: Istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Anggota DPR RI, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB), Muhammad Kadafi meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar dilakukan pemetaan kembali soal wilayah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2 Dikti).

“Kemudian fungsi L2DIKTI, kita tahu bahwa membawahi wilayah yang cukup beragam,  bayangkan saja untuk ngurus sertifikasi dosen (serdos) saja harus terbang dulu ke Jakarta baru ke Palembang,” kata Muhammad Kadafi saat melakukan rapat dengar pendapat di ruang Komisi X, Rabu 6 November 2019 lalu.

Menurut legislator muda asal Dapil Lampung 1 itu, harusnya pemerintah pusat mendorong pemerintah daerah agar daerah yang sudah maju atau mapan bisa membangun L2DIKTI sehingga dapat meningkatkan SDM di daerahnya sendiri.

“Kenapa tidak, daerah yang sudah mapan kita dorong pemerintah daerahnya, ayo bangun L2DIKTI-nya agar SDM di daerah tersebut juga sesuai dengan kapasitas wilayahnya. Nantinya L2diktinya bisa dorong potensi daerahnya,” tuturnya.

Misalnya, lanjut Rektor Universitas Malahayati Lampung itu, di Lampung potensinya adalah pertanian, maka L2DIKTI-nya mendorong kompetensi yang sesuai dengan potensi daerahnya.

“Kita harapkan nanti outputnya bukan hanya melahirkan suatu pendidikan yang general tetapi apa berbasiskan skill daerahnya. Ini butuh pemetaan kembali agar ini semakin berkualitas,” katanya.

Tags : Muhammad Kadafi , PKB , L2DIKTI