Soal Pemilihan Rektor, Ini Saran Muhammad Kadafi ke Menteri Nadiem Makarim

| Selasa, 12/11/2019 22:01 WIB
Soal Pemilihan Rektor, Ini Saran Muhammad Kadafi ke Menteri Nadiem Makarim Anggota DPR RI FPKB Muhammad Kadafi (foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Legislator muda Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhammad Kadafi memberikan masukan kepada pemerintah agar Pemilihan Rektor (Pilrek) sebaiknya senat hanya mengusulkan tiga nama calon yang kemudian dipilih oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

“Pemilihan rektor saya rasa ke depan lebih baik senat itu mengusul tiga nama tinggal menteri memilih,” kata Muhammad Kadafi saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Komisi X bersama Menteri Nadiem Makarim, Rabu 6 November 2019 lalu.

Hal ini dilakukan, lanjut Muhammad Kadafi, agar tidak terjadi kubu-kubuan di dalam kampus itu sendiri sehingga ada persaingan yang tidak sehat, “Jangan sampai terjadi di dalam kampus itu menjadi block-blockkan, persaingan yang tidak sehat,” jelasnya. 

“Jika didorong (oleh pemerintah), pemilihan rektor tinggal dipilih menteri sehingga akan ada profesionalitas dalam bekerja,” tukas Kadafi, yang juga Rektor Universitas Malahayati Bandar Lampung itu.

Untuk diketahui, pemilihan rektor sempat menjadi sorotan dalam beberapa tahun belakangan. Pemilihan rektor malah seperti mau Pilkada seperti ada Tim suksesnya dan lain-lain.

“Di dalam pemilihan yang semacam ini, kami melihat, menengarai munculnya permasalahan-permasalahan, terutama saat penyaringan menuju ke pemilihan. Ini sudah kita batasi semua,” kata Mantan Menristekdikti M Nasir beberapa waktu lalu, dikutip laman ristekdiktigoid.

Namun yang namanya tim sukses ini, kata Nasir, sudah ke mana-mana dengan mengaku dekat menteri, mengaku dekat dengan semuanya, “Namun kami tidak pernah merespons semua itu. Kami tetap konsisten dengan menjaring calon rektor yang mampu mewujudkan masa depan yang lebih baik,” tukasnya.

Tags : Muhammad Kadafi , PKB , Pemilihan Rektor