Fraksi PKB DPRD Karawang Sikapi Rentenir Bank Emok

| Rabu, 20/11/2019 14:55 WIB
Fraksi PKB DPRD Karawang Sikapi Rentenir Bank Emok Kamapanye Akbar R1NDU Jabar Juara. (doc. PKB)

KARAWANG, RADARBANGSA.COM - Fraksi Partai Kebangktian Bangsa (PKB) DPRD Kabupaten Karawang, Jajang Selaeman menyikapi praktik rentenir yang berkedok perbankan alias Bank Emok.

Jajang Sulaeman melihat bahwa praktik Bank Emok sudah meresahkan masyarakat Kabupaten Karawang. Ia pun beranggapan, jika ini dibiarkan bukan tidak mungkin semakin menjerat masyarakat dengan hutang yang tidak ada ujungnya.

Tidak hanya itu, Jajang Sulaeman juga meinta agar DPRD dan pemerintah Kabupaten Karawang harus segara turun tangan menyikapi maraknya bank emok yang sudah memakan korban tidak sedikit.

Dalam paparan Jajang, bank emok mengambil bunga yang sangat tinggi, yakni 30 persen dari total nilai pimjaman.

"Jumlah itu jelas akan membuat masyarakat akan semakin sulit terjerat hutung. dan ini bukan lagi pinjam meminjam pada umumnya, tapi ini sudah praktik rentenir," ungkap Jajang.

Untuk itu, Fraksi PKB mengusulakan agar Pemda Karawang mengalokasikan anggaran 20 Miliar untuk memecahkan masalah ini. Kata Jajang, anggaran tersebut nantinya akan dikembangkan untuk dikerjasamkan dengan bank BRI.

"Jika ini bisa kita laksanakan, masyarakat yang membutuhkan pimjaman cukup membawa surat keterangan dari desa. Ddan pihak desa lah nantinya yang akan memverifikasi benarkan ia warga masyarakat disitu dan sedang usaha atau punya usaha lainnya. Kalau tidak punya keterangan dari desa, maka bank jangan meminjamkan kepada orang itu," kata Jajang.

Tags : Karawang , Fraksi PKB , DPRD , Bank Emok

Berita Terkait