PKB Sumbar Buka Pendaftaran Calon Jelang Pilkada Serentak 2020

| Senin, 02/12/2019 21:49 WIB
PKB Sumbar Buka Pendaftaran Calon Jelang Pilkada Serentak 2020 DPW PKB Sumatera Barat (Sumbar) launching pendaftaran Pilkada 2020 se-Sumbar di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, Senin (2/12). (Foto: istimewa)

PARIAMAN, RADARBANGSA.COM - Menyongsong Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 di Sumatera Barat (Sumbar), DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumbar buka pendaftaran untuk Calon Gubernur dan Bupati. Kegiatan ini guna menjaring calon pemimpin terbaik untuk Sumbar lebih maju.

"Hari ini kita lakukan launching pendaftaran Pilkada se-Sumbar, guna menjaring calon pemimpin yang akan diusung oleh PKB, baik itu untuk Gubernur atau Bupati dan Walikota pada Pilkada 2020 mendatang," kata Ketua DPW PKB Sumbar Febby Dt Bangso, di Pariaman, Senin, 2 Desember 2019.

Baca Juga: Diduetkan dengan Mahyeldi, Ketua PKB Sumbar: Jika itu Baik, Kenapa Tidak

Ia mengatakan, Pendaftaran ini terbuka untuk seluruh masyarkat Sumbar yang ingin maju dengan PKB, tidak hanya kader internal saja. Semua akan ditampung dan mengisi formulir yang telah disediakan.

"Semua yang mendaftar akan mengisi formulir yang telah disiapkan, serta mengisi aplikasi khusus untuk calon kepala daerah PKB. Pada aplikasi ini ketum akan bisa akses siapa saja yang telah mendaftar," terangnya.

Terkait dengan Pilgub Sumbar, Febby mengatakan PKB sudah menyatakan berkoalisi dengan 2 partai besar lainnya, yakni Golkar dan PDI Perjuangan. “Allhamdulillah, Golkar, PKB dan PDI Perjuangan telah bersepakat untuk berkoalisi," ujar Febby yang didaulat menjadi Juru Bicara Koalisi Golkar, PKB dan PDI Pejuangan.

Menurutnya, koalisi ini mengenyampingkan semua ego dan fatsun Parpol terkait Pilkada Sumbar 2020. Karena koalisi itu mencari pemimpin Sumbar yang diinginkan masyarakat dan berbuat untuk Sumbar lebih baik.

“Kami lebih mencari sosok gubernur untuk Sumbar bukan untuk kelompok atau elite parpol saja. Sumbar ke depan butuh tokoh yang kepemimpinannya diakui baik di daerah maupun di nasional,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, banyak kader yang mendaftar untuk menjadi calon gubernur ataupun bupati. Juga ada yang dari luar kader, seperti Shadiq Pasadiqoe mantan Bupati Tanah Datar yang mendaftar sebagai calon wakil gunernur Sumbar. Selanjutnya, Endarmi mantan anggota DPRD Sumbar dan Buyung Lapau mendaftar sebagai calon bupati Padang Pariaman.

"Untuk kader kita juga banyak yang telah daftar dihari pertama ini, seperti Safrinal sebagai calon Bupati Padang Pariaman, Muklis calon bupati Solok Selatan, dan Nofriadizulka Ketua PKB Sijunjung sebagai Calon Bupati Sijunjung," jelas Febby.

Baca Juga: PKB Sumbar Apresiasi Kinerja KPU dan Bawaslu Sumatera Barat

Sementara itu, Shadiq Pasadiqoe sebagai pendaftar pertama di partai besutan Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin itu menyampaikan akan maju sebagai calon wakil gubernur Sumbar. Selain ke PKB, sebelumnya Bupati Tanah datar dua periode ini juga telah mendaftar ke partai lainnya.

"Hari ini saya mendaftar ke PKB, sebelumya saya juga sudah daftar ke PAN, Gerindra dan Nasdem," katanya.

Ia menyampaikan, maju sebagai calon wakil gubernur merupakan salah satu langkahnya untuk melanjutkan perjuanganya di Sumbar, dengan pengalaman yang telah dimiliki sebagai bupati di Tanah Datar tentu telah menjadi modal.

"Saya mendaftar sebagai wakil gubernur, sementara untuk gubernurnya sendiri saya juga telah menjalin komunikasi dengan beberapa calon lainnya," ucap Shadiq. (Imam) 

Tags : Pilkada 2020 , PKB Sumbar , Sumatera Barat

Berita Terkait