Dinilai Kurang Akhlak, Rabithah Alawiyah: Jafar Sodiq Bukan Habib

| Jum'at, 06/12/2019 09:03 WIB
Dinilai Kurang Akhlak, Rabithah Alawiyah: Jafar Sodiq Bukan Habib Jafar Sodiq diinterogasi aparat usai diciduk pada Kamis, 5/12/2019 kemarin (foto istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua Umum Rabithah Alawiyah Habib Zen bin Smith menyayangkan penyematan gelar `habib` kepada Jafar Sodiq. Menurutnya, `habib` adalah gelar kehormatan yang diberikan oleh masyarakat kepada seseorang yang punya kapasitas keilmuan dan akhlak yang tinggi.

"Dia kurang akhlak dan dalam ceramahnya tidak berdasarkan keilmuan. Ini bukan habib tapi sayyid (orang Arab keturunan Nabi Muhammad atau tuan) yang perlu pendidikan akhlak," kata Habib Zen lewat keterangannya, Kamis 5 Desember 2019.

Habib Zen menilai tindakan Jafar Shodiq sebagai sebuah pelecehan atas ajaran luhur Rasulullah. Dia mengatakan seorang dai tak boleh melakukan ujaran kebencian.

"Seorang dai tidak dibolehkan mencaci atau melakukan ujaran kebencian. Hal ini jauh dari tuntunan Rasulullah," kata Habib Zen.

Dia menegaskan setiap orang mesti menjaga martabat diri dan orang lain. Cara menjaga martabat itu adalah dengan budi pekerti dan akhlak yang baik.

Sebelumnya bideo video yang berisi ceramah Jafar Shodiq membuat geger nasional. Ini akibat ungkapannya yang menyebut Wakil Presiden Ma’ruf Amin dengan sebutan ‘babi’.

Di video itu terlihat dia ceramah sambil duduk, dan di sampingnya ada beberapa orang duduk pula. Di belakangnya terbeber spanduk latar hijau, bergambar tokoh-tokoh.

Ada pun soal penangkapan dilakukan di Cimanggis Depok, Kamis 5 Desember 2019 pukul 01.00 WIB (dini hari). Saat aparat datang, Jafar Shodiq tidak ada di rumah, dan beberapa saat kemudian dia datang dan ditangkap dan dibawa ke Mabes Polri.

Tags : Maruf Amin , Jafar Sodiq , Rabithah Alawiyah

Berita Terkait