Berebut Jadi Tuan Rumah Kongres, Rakernas PAN Ricuh

| Minggu, 08/12/2019 07:59 WIB
Berebut Jadi Tuan Rumah Kongres, Rakernas PAN Ricuh Suasana Rakernas PAN di Jakarta (foto Twitter @official_PAN)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Rapat Kerja Nasional Partai Amanat Nasional (PAN) ke-5 diwarnai dengan kericuhan. Muasal kericuhan ini terjadi saat Kongres membahas penentuan tuan rumah Kongres PAN.

Kericuhan terjadi ketika sebagian kader PAN berebut mengajukan diri sebagai tuan rumah kongres. Perdebatan diperparah dengan aksi sejumlah kader yang beradu mulut dan saling merebut mikrofon.

Kericuhan sempat terjadi selama sekitar 15 menit sebelum Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais datang dan menenangkan suasana rakernas.

“Jadi tadi memang ada dinamika yang terjadi di ruang rakernas, ada perdebatan yang dinamis tapi diselesaikan dengan baik,” ujar Ketua Dewan Pengurus Pusat PAN Yandri Susanto di Hotel Milenium, Jakarta, Sabtu, 7 Desember 2019.

Sementara itu, Ketua Steering Committee Rakernas PAN Tahun 2019 Saleh Partaonan Daulay mengatakan pihaknya hanya menetapkan sembilan calon tuan rumah kongres dan batas akhir pelaksanaan kongres.

“Nantinya DPP PAN yang akan memutuskan (dimana lokasi dan waktu Kongres PAN),” kata Saleh.

Saleh merinci sembilan calon Tuan Rumah Kongres PAN antara lain dari Sumatera ada di Sumatera Utara, Sumatera barat, kemudian ada Lampung. Kemudian ada DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, ada Sulawesi Tenggara, ada Sulawesi Selatan.

“Juga ada Kalimantan Selatan, dan ada juga Papua," kata Saleh.

Sedangkan waktu pelaksanaan, Rakernas memberi batas waktu sampai 31 Maret 2020. Saleh berujar tanggal pasti penyelenggaraan kongres akan ditentukan lewat rapat di DPP PAN.

Tags : PAN , Rakernas , Kongres