KBRI Amman Kembali Capai Zero Shelter Perlindungan PMI

| Senin, 09/12/2019 22:40 WIB
KBRI Amman Kembali Capai Zero Shelter Perlindungan PMI KBRI Amman. (Foto: kemnakergoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - KBRI Amman kembali berhasil mencapai zero shelter atau pengosongan seluruh pekerja migran yang ditampung di Shelter KBRI Amman. Dengan capaian ini, masalah yang menghinggapi WNI di Yordania berhasil terselesaikan. Capaian zero shelter di Shelter KBRI Amman ini adalah capaian kedua setelah 2 bulan sebelumnya juga sempat kosong.

“Kami menargetkan tahun 2019 ini masalah-masalah yang dihadapi oleh para pekerja migran yang berada di shelter dapat diselesaikan," kata Dubes RI untuk Kerajaan Yordania merangkap Palestina, Andy Rachmianto, di Amman, Yordania, Minggu, 8 Desember 2019 waktu setempat.

Baca Juga: Tingkatkan Layanan PMI, Pemerintah Resmikan LTSA Wonosobo

Dubes Andy menjelaskan, sebagai bentuk kehadiran negara dalam pelayanan WNI/BHI, KBRI Amman telah melakukan berbagai upaya untuk memastikan pelayanan dan perlindungan kepada WNI bermasalah berjalan dengan baik. Selain melakukan upaya mediasi kasus dan pendampingan kepulangan, KBRI Amman juga telah melakukan kunjungan ke penjara kasus kriminal maupun kasus-kasus pelanggaran imigrasi secara rutin.

Sejauh ini, capaian yang diraih Satgas Perlindungan WNI/PMI sejak tahun 2017 hingga akhir tahun 2019 dinilainya membuahkan hasil cukup baik. Dalam kurun waktu tersebut, KBRI Amman telah berhasil membantu proses mediasi dan pemulangan sebanyak 682 PMI dan 16 orang anak-anaknya.

Adapun, jumlah hak-hak ketenagakerjaan yang berhasil diperjuangan baik melalui proses pengadilan maupun mediasi sebesar Rp12 miliar.

“Kosongnya shelter Griya Singgah ini bukan berarti berhentinya upaya KBRI dalam membantu penyelesaian kasus-kasus dari para WNI/PMI yang masih ada. Kami akan selalu hadir dalam melindungi WNI yang masih ada di Yordania,” terang Andy.

Ia menambahkan, sebagai perwakilan Citizen Service dalam melaksanakan fungsi perlindungan dan bantuan hukum kepada Pekerja Migran Indonesia Bermasalah (PMIB), pada hari Jumat, 29 November 2019, KBRI Amman, memfasilitasi pemulangan satu orang PMI yang merupakan penghuni terakhir di Shelter Griya Singgah KBRI Amman. Yaitu Eel (31 tahun), PMI asal Cianjur, Jawa Barat.

"Dengan telah diselesaikannya masalah Eel, Shelter Griya Singgah KBRI Amman sudah tidak ada lagi WNI/PMI yang ditampung disana," ujarnya.

Atase Tenaga Kerja KBRI Amman, Suseno Hadi, menambahkan, upaya pemulangan melalui mediasi untuk penyelesaian hak-hak ketenagakerjaan merupakan upaya yang dikedepankan dalam penyelesaian kasus-kasus PMI, dibanding melalui jalur pengadilan. Bila upaya penyelesaian tidak ditemukan kesepakatan, maka proses penyelesaiannya dilimpahkan ke pengadilan.

Baca Juga: Indonesia-Korea Terus Perkuat Perlindungan Bagi PMI

Sejak diberlakukannya Kepmenaker Nomor 260 Tahun 2015 Tentang Penghentian dan Pelarangan Penempatan TKI Pada Pengguna Perseorangan di Negara-Negara Kawasan Timur Tengah, pengiriman TKI sudah tidak dilakukan lagi. Namun, masalah-masalah yang tersisa masih dihadapi.

“Diperkirakan, dengan kosongnya shelter Griya Singgah tahun ini, setidaknya telah menjadi sejarah capaian upaya perlindungan WNI termasuk PMI di KBRI Amman, dan kami akan terus memperjuangkan hak-hak dan melindungi WNI/PMI yang masih ada,” tutupnya. 

Tags : Kemnaker , Shelter KBRI Amman , PMI