Presiden Jokowi Minta Program Kartu Sembako Segera Direalisasikan

| Selasa, 10/12/2019 17:29 WIB
Presiden Jokowi Minta Program Kartu Sembako Segera Direalisasikan Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin Rapat Terbatas (Ratas) tentang Akselerasi Implementasi Program Siap Kerja dan Perlindungan Sosial di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa 10 Desember 2019.

Dalam pengantarnya, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa Pemerintah telah menyiapkan anggaran untuk Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), PKH dan BPNT melalui kartu sembako.

“Kartu sembako, keluarga penerima manfaat dapat membeli dan memilih bahan pangan yang lebih beragam. Karena jumlah bantuan yang diterima meningkat dari Rp1,32 juta per keluarga per tahun menjadi Rp1,8 juta rupiah per keluarga per tahun,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menjelaskan, untuk Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sebanyak 96,8 juta jiwa penerima bantuan, penerima PKH 10 juta keluarga, dan untuk Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) 15,6 juta keluarga yang disalurkan nanti lewat kartu sembako.

Sementara itu, untuk pendidikan bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu yang memiliki prestasi, kata Presiden Jokowi, pemerintah juga menyiapkan alokasi KIP Kuliah termasuk lanjutan Bidik Misi untuk kurang lebih 818.000 mahasiswa penerima.

“Saya minta semua program-program yang tadi saya sebutan, baik Kartu Pra Kerja, JKN KIS, PKH, baik Bantuan Pangan Non Tunai ini bisa dilaksanakan secepat-cepatnya,” tegasnya.

Tags : Presiden Jokowi , Kartu Sembako