Defisit Neraca Perdagangan, Nasim Khan mengusulkan Pembentukan Panja Impor

| Rabu, 18/12/2019 09:51 WIB
Defisit Neraca Perdagangan, Nasim Khan mengusulkan Pembentukan Panja Impor Anggota DPR RI Komisi VI, Nasim Khan

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data Neraca Perdagangan Indonesia bulan November 2019. Neraca Perdagangan Indonesia kembali defisit sebesar US$ 1,33 miliar. Angka tersebut berasal dari ekspor November 2019 sebesar US$ 14,01 miliar dan impor sebesar US$ 15,34 miliar.

Defisit ini melanjutkan tren bulan-bulan sebelumnya, dimana sepanjang Januari hingga November ini, secara kumulatif neraca perdagangan Indonesia mengalami defisit sebesar US$ 3,11 miliar. Meski terbilang tak setinggi akumulasi tahun 2018 yang defisit mencapai US$ 8,7 miliar.

Kondisi ini berbanding terbalik dengan tiga tahun awal pemerintahan jokowi (2015-2017), yang berhasil mencetak skor positif dalam neraca perdagangan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun jengkel lantaran neraca perdagangan Indonesia selalu mengalami defisit.

Menanggapi hal tersebut, anggota DPR RI, Nasim Khan meminta agar pemerintah serius dalam menyelesaikan defisit neraca perdagangan ini.

“Pemerintah harus serius dalam mengelola perdagangan internasional kita, jangan sampai defisit ini menjadi hal yang wajar dalam perekonomian kita,” tutur Nasim.

Nasim sebagai anggota DPR RI Komisi VI yang berfokus pada perdagangan ini akan secara serius mengawal defisit neraca perdagangan ini.

“Kita akan mendorong Komisi VI untuk membentuk Panja Impor agar dapat melihat secara komprehensif permasalahan neraca perdagangan kita,” ungkap Nasim.

Pasalnya, Ia melihat bahwa impor Indonesia merupakan barang-barang yang sifatnya konsumsi. Impor pada bulan November ini meningkat terutama pada jenis barang konsumsi yang mencapai 16,13% dibanding bulan sebelumnya. Dan jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, impor konsumsi naik 16,28%,”

“Sebisa mungkin impor kita harus bernar-benar produktif. Dan misalkan bisa diproduksi di dalam negeri, kita harus memaksimalkan produk-produk dalam negeri kita,” jelas anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Jatim III ini.

Legislator dari Fraksi PKB ini menginginkan agar arahan Presiden Jokowi untuk mengatasi defisit neraca perdagangan ini benar-benar serius dilaksanakan dan bukan hanya sekedar wacana. Karena pada dasarnya, Indonesia mempunyai sumber daya manusia dan sumber daya alam yang kaya.

“Kita harus benar-benar memperkuat pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya manusia kita untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa di semua bidang, khusunya dalam rangka memaksimalkan ekspor produk-produk kita yang berkualitas internasional,” tutup Nasim.

Tags : Nasim Khan , Defisit Neraca Perdagangan , Panja Impor

Berita Terkait