Ruslan M Daud Dorong Kemendesa Tingkatkan Kualitas SDM Geuchik

| Jum'at, 17/01/2020 05:42 WIB
Ruslan M Daud Dorong Kemendesa Tingkatkan Kualitas SDM Geuchik H Ruslan M Daud (Anggota DPR RI Fraksi PKB). (Foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi V DPR RI Fraksi PKB dari Dapil Aceh II, H Ruslan M Daud, menemui Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar belum lama ini.

Pertemuan tersebut secara khusus membicarakan program peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) aparatur desa terutama geuchik (kepala desa) di Aceh.

Ruslan menyampaikan bahwa peningkatan kapasitas SDM geuchik perlu dilakukan secara berkelanjutan supaya memiliki dampak yang besar. 

“Melihat dana APBN yang dikelola oleh geuchik dalam jumlah besar, dibutuhkan strategi peningkatan kapasitas geuchik secara maksimal dan terukur seperti kemampuan perencanaan, pengawasan dan pelaporan,” ungkap Ruslan di Jakarta.

Mantan Bupati Bireun ini meminta Menteri Desa PDTT untuk memberikan perhatian khusus kepada Aceh mengingat ketertinggalannya dalam berbagai aspek seperti angka kemiskinan yang tinggi, penggangguran, dan pertumbuhan ekonomi yang rendah.

“Nah seharusnya dana desa kan bisa meminimalisir masalah tersebut, tapi ini semua sangat tergantung dari kapabilitas kepala desa,” tambah Ruslan. 

Merespon permintaan Ruslan, Menteri Desa PDTT menerangkan, program peningkatan kapasitas kepala desa memang menjadi prioritas program kementerian yang dipimpinnya. 

“Kemendes siap untuk menindaklanjuti aspirasi Pak Ruslan. Saya akan arahkan direktorat teknis terkait untuk berkoordinasi lebih lanjut tentang rencana peningkatan kapasitas SDM Kepala Desa di Aceh,” respon menteri.

Tags : PKB , Ruslan M Daud , Kemendesa , Geuchik