Sosialisasi 4 Pilar di Bantul, Sukamto Ingatkan Pentingnya Kebhinekaan

| Kamis, 06/02/2020 14:14 WIB
Sosialisasi 4 Pilar di Bantul, Sukamto Ingatkan Pentingnya Kebhinekaan Anggota Komisi II DPR RI, Fraksi PKB, H. Sukamto, SH, menggelar Sosialisasi 4 Pilar di Desan Srimartani, Piyungan, Bantul, Yogyakarta. (doc.radarbangsa.com)

BANTUL, RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi II DPR RI, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) H. Sukamto, SH, menggelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika). Acara digelar di Jalan Srimartani (Munggur-Petir) KM. 1, Srimartani, Piyungan, Bantul, D.I.Yogyakarta, Rabu, 05 Februari 2020. 

Sukamto menjelaskan pentingnya mengamalkan empat pilar kebangsaan pada semua kalangan, mulai dari tokoh masyarakat hingga generasi muda. 

Indonesia, Kata Sukamto sudah sejak lama hidup dalam suasana toleransi dalam kemajemukan, bahkan tidak hanya toleransi tapi juga multikultur. Hal ini harus tetap dijaga agar suasana tetap harmonis ditengah perbedaan yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia.

"Negara Kesatuan Republik Indonesia terdapat 6 agama (Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, Konghucu), dan sesuai amanat UUD 1945, kita semua memiliki hak yang sama dalam menjalankan setiap aktivitas peribadatan," kata H. Sukamto, SH saat sambutan.

Sukamto, berpendapat bahwa toleransi harus menjadi dasar menjalankan kehidupan sehari-hari agar keberagaman tidak menimbulkan perpecahan. Sehingga semua amanat yang terkandung dalam UUD 1945 teraplikasikan sebagaimana mestinya.

Sementara, Tokoh Masyarakat Bantul yang juga sekaligus anggota DPRD Kab. Sleman, Mahmudin, SP mengapresiasi terhadap kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan Sosialisasi 4 Pilar DPR RI periode 2019-2024 itu sangat positif dengan mengundang seluruh elemen masyarakat yang ada di kabupaten Bantul.

“Ini sebagai perwujudan nyata hadirnya wakil rakyat dan memberikan pencerahan bagi masyarakat,” ucap dia saat menjadi pembicara sosialisasi 4 pilar. 

Mahmudin, juga menyampaikan materi kepada masyarakat terkait pentingnya megaplikasikan 4 pilar kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari agar masyarakat menjadi masyarakat yang cinta damai dan merawat NKRI bersama-sama.

Dalam kegiatan yang dihadiri sekitar 150 orang peserta ini juga diselingi dengan pemberian santunan kepada anak yatim piatu di daerah kabupaten bantul.

Tags : Sosialisasi 4 Pilar , Sukamto , PKB

Berita Terkait