Pemerintah Bangun Bendungan Lau Simeme Deli Serdang

| Senin, 09/03/2020 18:57 WIB
Pemerintah Bangun Bendungan Lau Simeme Deli Serdang Pembangunan Bendungan Simeme, Deli Serdang (foto: pugoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan pembangunan Bendungan Lau Simeme di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Pembangunan bendungan berkapasitas tampung 28 juta m3 ini merupakan bagian dari upaya mendukung pengembangan sektor pertanian dan pemenuhan kebutuhan air baku di Sumut.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pengelolaan sumber daya air dan irigasi akan terus dilanjutkan dalam rangka mendukung produksi pertanian yang berkelanjutan.

“Di samping itu kehadiran bendungan juga memiliki potensi air baku, energi, pengendalian banjir, dan pariwisata yang akan menumbuhkan ekonomi lokal,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam rilis pugoid, Senin 9 Maret 2020.

Menurut Menteri Basuki, pembangunan bendungan ini akan diikuti dengan ketersediaan jaringan irigasinya. Dengan demikian bendungan yang dibangun dengan biaya besar dapat segera dimanfaatkan karena airnya dipastikan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani.

Untuk diketahui, konstruksi Bendungan Lau Simeme dibangun secara bertahap dalam dua paket dengan biaya sebesar Rp 1,3 triliun melalui skema kontrak tahun jamak 2017-2022

Tags : Bendungan Simeme Deli Serdang , Kementerian PUPR

Berita Terkait