Ringankan Beban Petugas Medis, Neng Eem Ajak Masyarakat Patuhi Imbauan

| Senin, 23/03/2020 15:31 WIB
Ringankan Beban Petugas Medis, Neng Eem Ajak Masyarakat Patuhi Imbauan Anggota Komisi V DPR RI, Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz (foto istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi V DPR RI Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz mengajak masyarakat untuk membantu meringankan pekerjaan dokter, perawat, dan kalangan medis lainnya dengan tidak melakukan terlalu banyak kegiatan di luar rumah.

“Saya menyampaikan duka mendalam atas berpulangnya para dokter, khususnya dr Djoko Judodjoko dari IDI Cabang Kota Bogor, yang selama ini telah memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kota Bogor dan sekitarnya. Mereka adalah pahlawan pejuang pemberantasan pandemi corona bersama seluruh jajaran medis dan paramedis lainnya yang selalu berada di garda terdepan,” ungkap Neng Eem dalam keterangannya, Senin, 23 Maret 2020.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengajak seluruh masyarakat untuk membantu meringankan pekerjaan kalangan medis dengan mengurangi kegiatan di luar rumah.

“Dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini, seluruh elemen masyarakat harus mau bekerja sama dengan pemerintah dan kalangan medis, agar penanganan penyebaran wabah corona ini bisa segera diatasi,” ujar Neng Eem.

Pembatasan kegiatan di luar rumah, menurut Ketua Kelompok Fraksi PKB DPR RI, dinilai efektif dalam mereduksi penyebaran corona dikarenakan sifat dan mekanisme penyebaran dari virus covid 19 tersebut.

“Masyarakat diharapkan memenuhi anjuran Pemerintah untuk melakukan pembatasan kegiatan di luar rumah. Jangan sampai Pemerintah harus memberlakukan lockdown sepenuhnya yang tentu memiliki dampak yang signifikan,” ajak Neng Eem.

Neng Eem memahami jika ada pro dan kontra dalam kebijakan-kebijakan yang diambil pemerintah untuk menangani pandemi corona. Namun, Neng Eem berharap agar masyarakat dapat memberikan kepercayaan penuh kepada pemerintah untuk melakukan langkah-langkah strategis penanganan pandemi corona yang telah menyebar hingga ke 188 negara dan menjangkiti 308.659 orang per 22 Maret 2020.

“Kita tetap dapat memberikan masukan, saran, dan kritik, kepada pemerintah dalam penanganan pandemi corona. Akan tetapi, sekarang inilah saatnya, seluruh elemen masyarakat bekerja sama, bahu membahu, dengan pemerintah dan kalangan medis, untuk menghentikan penyebaran pandemi corona,” harap Neng Eem.

Virus Corona diketahui tak hanya mengancam masyarakat sipil, tapi juga tenaga medis. Di Indonesia sudah ada enam orang dokter akibat pandemi corona.

Keenam dokter yang diumumkan Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) tersebut adalah dr Hadio Ali SpS (IDI Cabang Jakarta Selatan), dr Djoko Judodjoko, SpB (IDI Cabang Kota Bogor), dr Laurentius P, SpKJ (IDI Cabang Jakarta Timur), dr Adi Mirsaputra SpTHT (IDI Cabang Kota Bekasi), dr Ucok Martin SpP (IDI Cabang Medan), dan dr Toni Daniel Silitonga (IDI Cabang Bandung Barat).

Tags : PKB , Neng Eem Marhamah , Corona