Gandeng IPB, Kemendesa PDTT Bahas Reformulasi Pembangunan Perdesaan

| Sabtu, 09/05/2020 21:33 WIB
Gandeng IPB, Kemendesa PDTT Bahas Reformulasi Pembangunan Perdesaan Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)
BOGOR, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar dan Civitas Akademika Institut Pertanian Bogor (ITB) melakukan pertemuan untuk membahas reformulasi dan skala prioritas pembangunan perdesaan untuk lima tahun kedepan.
 
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar mengatakan, sengaja menggandeng IPB karena dinilai sebagai salah satu kampus yang mumpuni untuk melakukan percepatan pembangunan perdesaan terlebih mayoritas warga desa di Indonesia adalah petani.
 
"Kemendes dan IPB itu tidak bisa dipisahkan karena 92,7 persen desa itu basisnya pertanian dan kita sudah sangat paham, IPB memang memiliki basis yang kuat dibidang pertanian," ujar Menteri Halim dilansir kemendesagoid, Jumat 8 Mei 2020.
 
Gus Halim sapaan akrabnya, memaparkan hal-hal yang dianggap memerlukan sentuhan para intelektual IPB dalam rangka suksesi agenda pembangunan nasional yang akan dimulai pada 2021 mendatang. Agenda besar Kemendes PDTT tersebut meliputi pembangunan SDM unggul dan berdaya saing perdesaan, reformasi sistem jaring pengaman sosial (JPS) desa, pengembangan wisata desa dan pengembangan ekonomi perdesaan.
 
"Tentu dukungan dari IPB sangat kami butuhkan, telaah dan kajian tentang pembangunan desa. Pembahasan ini harus dilakukan untuk kepentingan penyusunan APBDes 2021 dan selambat-lambatnya bulan Agustus," imbuhnya.
Tags : Menteri Desa PDTT Halim Iskandar , Dana Desa

Berita Terkait