Popularitas Anies Baswedan di Media Sosial Tinggi, Tapi Tak Disukai

| Rabu, 17/06/2020 10:35 WIB
Popularitas Anies Baswedan di Media Sosial Tinggi, Tapi Tak Disukai Berbagai macam media sosial (Foto: fontevadotcom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Hasil analisis data media sosial menunjukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memiliki popularitas yang tinggi dibanding tokoh lainnya. Namun, sentimen negatifnya cenderung mendominasi.

Berdasarkan analisis percakapan di media sosial, popularitas Anies di media sosial mencapai 64 persen. Analis Drone Emprit and Kernels Indonesia, Ismail Fahmi, Anies mengungguli dua kepala daerah lain Gubernur Jawa Barar Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 

"Share percakapan atau popularitas di media online dan khususnya media sosial tentang dua gubernur di atas tidak jauh berbeda, Ridwan Kamil 17 persen dan Ganjar sedikit lebih tinggi, 19 persen," ujar Ismail dalam kajian daring yang digelar LP3ES, Selasa, 16 Juni 2020.

Ismail mengungkapkan bahwa dari 75 tanda pagar (tagar) terkait Anie Baswedan, cukup banyak yang menyerang dan terbilang dominan.

“Salah satunya #bansosboncoswanabud, #PSBBAniesGagalTotal. Artinya top hashtag [tagar], narasi besar itu bukan dari pendukung Anies, tapi dari mereka yang menyerang,” kata Ismail.

Berdasarkan hasil riset Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) dan Drone Emprit, pada periode 9 Mei - 8 Juni tercatat 361.329 unggahan di Twitter, Facebook, Instagram, dan Youtube menyebut nama Anies Baswedan.

Hal ini jauh dibandingkan dengan dua pemimpin daerah lain yang juga cukup populer yakni Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (93.100) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (109.389).

Namun, tingkat kesukaan terhadap Anies adalah yang paling rendah jika dibandingkan dengan yang lain. Tingkat kesukaan warga dunia maya terhadap Anies sebesar 31 persen, sedangkan Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo, masing-masing secara berurutan, 54 persen dan 53 persen.

Tags : Anies Baswedan , Twitter , Drone EMprit , Medsos

Berita Terkait