Adanya Usulan Ganti Nama RUU HIP jadi PIP, Legislator PKB: Tidak Akan Selesaikan Masalah

| Senin, 29/06/2020 14:36 WIB
Adanya Usulan Ganti Nama RUU HIP jadi PIP, Legislator PKB: Tidak Akan Selesaikan Masalah Yanuar Prihatin (Anggota Komisi II DPR RI FPKB).

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi II DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB), Yanuar Prihatin turut mengomentari prihal adanya usulan perubahan nama Rancangan Undang-Undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP) menjadi RUU Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP).

Menurut Yanuar Prihatin, usulan perubahan nama tersebut tak akan menyelesaikan masalah jika subtansinya tidak berubah sama sekali. Ditambah lagi persepsi publik terhadap RUU itu negatif.

“Usulan perubahan RUU HIP menjadi RUU Pembinaan Ideologi Pancasila tidak akan menyelesaikan masalah jika subtansinya tidak berubah sama sekali,” kata Yanuar Prihatin kepada awak media, Minggu 28 Juni 2020.

Yanuar mengimbau kepada semua pihak agar menahan diri dalam situasi pandemi ini agar masyarakat memiliki kesempatan untuk lebih jernih, komprehensif dan kontekstual.

Politisi asal Jawa Barat ini berpendapat, saat ini lebih baik duduk kembali bersama mulai dari awal lalu menyamakan cara pandang soal pengaturan Pancasila.

“Apa sebenarnya yang harus diatur soal Pancasila ini dalam bentuk undang-undang,” ungkapnya.

Ia menegaskan bahwa, yang diperlukan saat ini adalah implementasi Pancasila bukan penafsiran ideologis filosofis tentang Pancasila, “Lebih baik kita bertanya, sudahkah nilai-nilai Pancasila saat ini menyatu dalam pikiran, hati, kata-kata dan tindakan? Kita memerlukan metodologi, teknik atau cara yang efektif untuk sosialisasi dan operasionalisasi Pancasila yang bisa diterima dan dilakukan semua pihak,” katanya.

“Kita tidak boleh lagi menenpatkan Pancasila hanya milik segelintir orang, kelompok atau Golongan tertentu saja. Penerapan Pancasila di masa Orde Lama dan Orde Baru haru menjadi pelajaran sejarah yang sangat penting agar kita tidak lagi tergelincir pada monopoli Pancasila.

Tags : PKB , HIP , PIP , Yanuar Prihatin