Ada Orang Gerindra di Balik Ekspor Benih Lobster, Begini Kata Edhy Prabowo

| Selasa, 07/07/2020 07:42 WIB
Ada Orang Gerindra di Balik Ekspor Benih Lobster, Begini Kata Edhy Prabowo Edhy Prabowo (Menteri Kelautan dan Perikanan RI). (Foto: twitter @kkpgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berjanji bakal menambah perusahaan yang diizinkan untuk melakukan ekspor benih lobster. Saat ini, pemerintah telah memberikan izin kepada 26 perusahaan dan bakal menjadi 31 perusahaan.

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo mengklaim, izin ekspor lobster tersebut salah satunya untuk meningkatkan pendapatan para nelayan, karena sejak dahulu mereka bergantung pada tangkapan benih lobster.

Namun, setelah adanya pelarangan, tegas ia, otomatis pendapatan para nelayan juga menurun, bahkan harus berurusan dengan hukum ketika menangkap benih lobster.

Ia mengklaim tidak tau jika ada orang dekatnya atau ada orang Gerindra dan sebagainya, yang mendapatkan izin untuk ekspor tersebut. Lagi pula, katanya, dari 26 perusahaan yang namanya sudah terekspos, hanya ada beberapa nama kader Gerindra yang dikenalnya.

"Kalau memang ada yang menilai ada orang Gerindra, kebetulan saya orang Gerindra, tidak masalah. Saya siap dikritik tentang itu. Tapi, coba hitung berapa yang diceritakan itu? Mungkin tidak lebih dari lima orang atau dua orang yang saya kenal. Sisanya 26 orang (perusahaan) itu, semua orang Indonesia," kata Edhy dalam rapat kerja bersama Komisi IV DPR RI, Senin, 6 Juli 2020.

Ia berkilah, jika yang memberikan izin adalah tim dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, bukan dia secara pribadi dan melibatkan Inspektorat Jenderal dan diawasi oleh Sekretaris Jenderal. Jika tim tidak mengikuti kaidah, Edhy menegaskan tak segan-segan mencabut izinnya.

"Yang memutuskan juga bukan saya, (Tapi) tim. Tapi ingat, tim juga saya kontrol agar mengikuti kaidah," papar Edhy.

 

Tags : Lobster , Edhy Prabowo , KKP