Sukses Minimalisir Penyebaran COVID-19, Komisi IX DPR Apresiasi Yogyakarta

| Senin, 20/07/2020 17:35 WIB
Sukses Minimalisir Penyebaran COVID-19, Komisi IX DPR Apresiasi Yogyakarta Komisi IX DPR RI konferensi pers usai pertemuan dengan jajaran Pemprov DIY dalam rangka kunjungan kerja reses, Jumat (18/7). (Foto: twitter @DPR_RI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena mengapresiasi penanganan pandemi Covid-19 yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Hal itu karena DIY menjadi salah satu daerah yang cukup berhasil menangani pandemi COVID-19.

"Sebelumnya Presiden menyatakan bahwa DIY menjadi salah satu provinsi terbaik dalam penanganan pandemi COVID-19. Dan setelah kami datang dan melihat langsung ke DIY, hal itu terbukti. Salah satunya terlihat dari minimnya penderita Covid-19 dan tingkat kesembuhan yang cukup tinggi. Bahkan angka kematian akibat Covid sejak Maret 2020 lalu hanya 10 orang," kata Melki dilansir dari laman dpr.go.id, Senin, 20 Juli 2020.

Dijelaskannya, penanganan yang sangat baik sejak awal pandemi itu diawali dengan regulasi yang menjadi pegangan kepala daerah dalam penanganan COVID-19. Menurutnya, sejak awal Sri Sultan Hamengkubuwono X sebagai kepala daerah sudah berpijak pada Undang-Undang Kebencanaan dalam penanganan COVID-19 di wilayahnya.

Mengacu pada aturan tersebut, Pemerintah D.I.Y dapat mengerahkan seluruh potensi yang ada, termasuk pemanfaatan APBD dan dana keistimewaan yang dimilikinya, meskipun belum memperoleh dana atau anggaran penanganan Covid-19 dari pusat. Dengan demikian penderita Covid-19 dapat tertangani dengan baik, sehingga angka kesembuhan penderita pun cukup tinggi, serta penyebaran Covid pun dapat dicegah dengan baik.

"Namun yang terpenting dari itu sebagaimana yang diungkapkan Sri Sultan, modal sosial dapat dimanfaatkan dalam menghadapi tatanan baru melawan penyebaran Covid-19. Artinya Pemerintah DIY mencoba melibatkan masyarakàt mulai dari level individu, RT, RW, desa dan seterusnya untuk ikut berperan dalam penanganan penyebaran virus Corona ini," ujar politisi Partai Golkar ini.

Sehingga, kata Melki, tumbuh dengan sendirinya kesadaran dari masyarakat untuk melakukan berbagai kebiasaan hidup sehat, seperti penggunaan masker, cuci tangan dan penggunaan handsanitizer, selalu menjaga jarak atau social distancing, termasuk menghindari berbagai kerumunan. Melki berharap apa yang dilakukan oleh Pemerintah DIY ini bisa menjadi contoh penanganan COVID-19 untuk daerah-daerah lainnya.

Tags : DPR RI , Yogyakarta , COVID-19