Universitas Yarsi Gelar Webinar Peningkatan Kualitas Karya Ilmiah

| Kamis, 30/07/2020 19:42 WIB
Universitas Yarsi Gelar Webinar Peningkatan Kualitas Karya Ilmiah Webinar peningkatan kualitas karya ilmiah yang diselenggarakan Fakultas Teknologi Informasi Universitas Yarsi, Jakarta, Rabu (29/7). (Foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Sebanyak 224 peserta ikuti kegiatan Webinar Strategi Peningkatan Kualitas Karya Ilmiah Sekolah Melalui Pemanfaatan Aplikasi Document Similarity Checker yang digelar program studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI (Prodi TI FTI UY) bertajuk "Strategi Peningkatan Kualitas Karya Ilmiah Sekolah: Say No to Plagiarism". Peserta terdiri dari kalangan guru dan tenaga perpustakaan sekolah se-Indonesia. Sesuai dengan topik webinar, acara kali ini bertujuan agar peserta khususnya para guru dan tenaga perpustakaan sekolah lebih memahami betul mengenai peningkatan kualitas karya ilmiah dan juga plagiarisme.

Koordinator bidang Pengabdian Masyarakat IP UY, Indah Kurnianingsih mengatakan, pertemuan tersebut bertujuan agar seluruh peserta setidaknya dapat melakukan proses instalasi mendeley dengan mengikuti langkah atau prosedur yang dipaparkan.  Antusias peserta saat melakukan diskusi melalui WA grup dari paparan instalasi sampai tanya jawab itu sangatlah aktif dan tidak malu untuk sharing seputar kesulitan yang dialami para peserta terutama saat proses instalasi Mendeley.

Ahmad Sabiq, Kepala Bagian TIK FTI UY selaku moderator melalui webinar memberikan pengantar acara. Menurutnya, kualitas karya ilmiah sangat penting bagi para dosen maupun guru, karena itu jangan sampai karya tulis yang dibuat tidak berkualitas apalagi terindikasi plagiat.

"Tidak hanya dosen, tapi saat ini guru juga dituntut untuk menyusun karya ilmiah. Secara umum membuat karya ilmiah itu bukan hal yang tergolong mudah untuk dikerjakan dengan mengikuti teknik atau tahapan yang tidak sebentar. Dan jangan sampai karya tulis yang susah payah kita susun malah menjerumuskan kita sebagai penulis karena adanya tulisan yang mungkin terindikasi plagiat," ujarnya.

Pemateri pertama, Koordinator Penelitian TI UY, Nova Eka Diana menyampaikan beberapa informasi mengenai plagiarisme, dari jenis-jenis plagiat, dasar hukumnya, contoh kasus, aturan-aturan, sampai pada tools untuk memeriksa plagiat. Selain itu, menurutnya, terdapat beberapa cara atau strategi agar kita terhindar dari plagiarisme yaitu penggunaan tanda kutip, lakukan paraphrase dan membuat rangkuman.

"Yang pertama dan yang paling gampang adalah jangan lupakan tanda kutip, karena ini seperti ‘senjata pamungkas atau benteng pertama’ dari plagiarisme," katanya.

Selanjutnya, peserta dikenalkan dengan pemanfaatan aplikasi Mendeley oleh Koordinator Pengabdian Pada Mayarakat IP UY, Indah Kurnianingsih. Ia menyampaikan dalam hal menyusun karya tulis ilmiah pastinya akan dihadapi oleh beberapa permasalahan seperti, kesulitan mencari sumber informasi elektronik, daftar pustaka yang dituliskan tidak konsisten, tidak sesuainya sitasi dan daftar pustaka, dan lain sebagainya.

"Maka dari itu kita perlu menggunakan aplikasi seperti Mendeley terutama dalam membantu penulisan sitasi dan daftar pustaka untuk keperluan penulisan. Pemanfaatan aplikasi Mendeley ini memudahkan kita saat menulis atau menyusun dokumen terutama karya tulis ilmiah, dari penulisan sitasi dan menyusun daftar pustaka. Berbeda saat kita lakukan penulisannya dengan manual," paparnya.

Webinar Strategi Peningkatan Kualitas Karya Ilmiah Sekolah ini mendapat respons positif dari peserta, dan berharap kegiatan serupa dapat dilanjutkan agar khususnya para guru dan tenaga perpustakaan sekolah di Indonesia semakin kenal dan memahami betul, plagiarisme dengan bantuan-bantuan instrumen atau tools yang dijabarkan.

Tags : Karya Ilmiah , Universitas Yarsi , Plagiarisme , Webinar

Berita Terkait