Umat Islam Rayakan Idul Adha, Wapres: Momen Tepat untuk Berbagi

| Jum'at, 31/07/2020 20:38 WIB
Umat Islam Rayakan Idul Adha, Wapres: Momen Tepat untuk Berbagi Wakil Presiden KH Maruf Amin menyerahkan hewan kurban di Pesantren An Nawawi Tanara (Penata) Serang, Banten, Jumat (31/7). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin mengatakan bahwa perayaan Idul Adha tahun ini menjadi momen tepat bagi umat Islam untuk berbagi kepada sesama yang membutuhkan dan terdampak pandemi COVID-19.

“Ini justru yang paling penting untuk berbagi, terutama untuk menolong orang-orang yang miskin, apalagi pada masa pandemi ini banyak orang yang hidupnya kemudian menjadi miskin dan kehilangan pekerjaan,” kata Kiai Ma’ruf dalam keterangannya, Jumat, 31 Juli 2020.

Pandemi COVID-19 menyebabkan banyak masyarakat kehilangan pekerjaan, sehingga Kiai Ma`ruf memprediksi jumlah warga miskin baru akan meningkat. Karena itu, selain bantuan sosial dari Pemerintah, uluran tangan dari umat yang mampu juga dapat meringankan beban warga miskin.

Diungkapkannya, berkurban di Hari Raya Idul Adha tidak selalu harus dimaknai dengan menyembelih hewan kurban. “Namun, berkurban yang lebih penting adalah berbagi dan menolong kepada sesama, terutama di masa pandemi COVID-19 ini di mana banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan,” tuturnya.

Wapres juga berpesan agar seluruh umat Islam tetap tabah dan terus berjuang meskipun pandemi COVID-19 belum berakhir. Menurutnya, pandemi COVID-19 merupakan cobaan dari Allah yang harus bisa dilalui dengan keimanan dan ketakwaan.

“Karena dalam situasi biasa-biasa saja, tentu orang tidak pernah kelihatan, tapi akan kelihatan kalau mengalami ujian atau cobaan. Ketabahan-ketabahannya, kepanikannya di situ akan terlihat,” ucapnya.

Dalam perayaan Idul Adha kali ini, Kiai Ma`ruf mengajak seluruh umat Islam untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah di tengah cobaan pandemi COVID-19. “Mudah-mudahan dengan Idul kurban, cobaan-cobaan, pentingnya pengorbanan, kepatuhan kepada Allah ini menjadi pelajaran berharga buat kita,” tuturnya.

Tags : Wapres , Maruf Amin , Idul Adha , Kurban , COVID-19