Gus Menteri Siapkan 41 Desa di Lima Destinasi Wisata Super Prioritas

| Rabu, 23/09/2020 21:23 WIB
Gus Menteri Siapkan 41 Desa di Lima Destinasi Wisata Super Prioritas Abdul Halim Iskandar atau Gus Menteri (Menteri Desa PDTT). (Foto: twitter @halimiskandarnu)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar atau Gus Menteri mengikuti Rapat Koordinasi Tingkat Menteri yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Panjaitan secara virtual, Rabu 23 September 2020.

Dalam kesempatan itu, Gus Menteri mengatakan, Kemendes PDTT telah fokus terkait Desa Wisata yang masuk dalam Destinasi Wisata Super Prioritas yaitu Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika dan Labuan Bajo.

"Ada 41 Desa di lima daerah Super Prioritas yang ditugaskan kepada Kementerian Desa untuk melakukan penanganan," kata Gus Menteri.

Doktor Honoris Causa dari UNY itu memaparkan, untuk Labuan Bajo ada delapan desa, di kawasan wisata Mandalika ada 13 desa dan di Kawasan Borobudur disiapkan 10 desa, "Kawasan Danau Toba ada delapan desa dan destinasi wisata Likupang ada dua desa. Semua titik ini sudah siap," katanya.

Gus Menteri mencontohkan, di Kabupaten Simalungun titik desa terletak di Desa Pariksabungan, kemudian di Kabupaten Samosir titiknya di Desa Sosotdolok, Kabupaten Toba Samosir, titik di Desa Wisata Farabunga dan Parparean I.

Gus Menteri menuturkan, titik di desa wisata itu telah dikoordinasikan oleh Kemendes PDTT dengan Kementerian Pariwisata. Hal ini sudah didetaikan dan tinggal melangkah.

Gus Menteri secara tegas menyatakan jika titik-titik yang ditentukan sudah siap untuk dilaksanakan dan akan turun langsung ke lapangan untuk mengecek langsung persiapan Desa Wisata tersebut.

Tags : Gus Menteri , Kemendes PDTT , Dana Desa

Berita Terkait