Peringati Hari Batik, Jokowi: Warisan Budaya Dunia dari Indonesia

| Sabtu, 03/10/2020 17:01 WIB
Peringati Hari Batik, Jokowi: Warisan Budaya Dunia dari Indonesia Presiden Jokowi (foto: humas setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut mengucapkan Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober. Kali ini, Kepala Negara menyampaikannya melalui akun media sosial, pada Jumat, 2 Oktober 2020.

Melalui laman akun Facebook, Instagram, dan Twitter pribadinya, Jokowi mengunggah sebuah video animasi pendek berupa masker dengan motif batik yang berubah-ubah. Menurutnya, pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini bukanlah penghalang untuk memperingati Hari Batik Nasional.

"Pandemi bukanlah penghalang untuk memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada setiap tanggal 2 Oktober. Warisan budaya dunia dari negara kita ini bisa juga menjadi motif masker," kata Jokowi.

Presiden Jokowi sendiri pada hari ini beraktivitas di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, dengan mengenakan batik berwarna gelap. Pada kesempatan itu, Jokowi melakukan sejumlah agenda kenegaraan di Istana.

Untuk diketahui, Hari Batik Nasional diperingati untuk merayakan ditetapkannya batik sebagai salah satu Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO. Hari Batik Nasional ini ditetapkan melalui Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009.

Tags : Jokowi , Hari Batik Nasional , COVID-19 , Indonesia