Jembatan Putus Akibat Banjir di Seluma

| Senin, 05/10/2020 23:28 WIB
Jembatan Putus Akibat  Banjir di Seluma jembatan putus akibat banjir (foto: humas BNPB)

SELUMA, RADARBANGSA.COM - Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati mengungkapkan, hujan dengan intensitas tinggi sejak pukul 15.00 WIB hingga 22.00 WIB telah memicu terjadinya banjir di Desa Air Keruh, Kecamatan Ulu Talo, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, Senin 5 Oktober 2020.

"Menurut data kaji cepat yang dilakukan Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Seluma, sebanyak 525 jiwa terdampak banjir dengan Tinggi Muka Air (TMA) 20-60 sentimeter," kata Raditya Jati dalam keterangan persnya, Senin 5 Oktober 2020 malam.

Selain itu, lanjut Raditya, banjir juga dilaporkan telah memutus jembatan gantung penghubung antar desa. Hingga saat ini TRC BPBD Kabupaten Seluma masih melakukan koordinasi dengan aparat desa setempat dan instansi terkait untuk penangann banjir.

"Tim terkendala dengan jaringan telepon yang buruk, sehingga hal tersebut memperlambat koordinasi antar pihak-pihak terkait," katanya.

Sebelumnya, menurut prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di Bengkulu.

Selain itu, kata Raditya, BMKG juga mengeluarkan informasi seputar prakiraan cuaca yang sama di sejumlah wilayah di Indonesia hingga Selasa (6/10) meliputi Aceh, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Melihat adanya dampak dari bencana yang dipicu oleh faktor cuaca dan hasil prakiraan cuaca dari BMKG tersebut, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta agar pemangku kebijakan dan masyarakat di daerah dapat melakukan upaya mitigasi bencana dan segera mengambil tindakan yang dianggap perlu dalam kaitan pengurangan risiko bencana.

 

Tags : BNPB , Hujan Deras , Banjir