KKP Dampingi Nelayan Kembangkan Model Usaha Berkelompok

| Rabu, 07/10/2020 08:07 WIB
KKP Dampingi Nelayan Kembangkan Model Usaha Berkelompok Edhy Prabowo (Menteri Kelautan dan Perikanan RI). (Foto: twitter @kkpgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan pendampingan dalam pembangunan model-model usaha berkelompok untuk para nelayan, baik di bidang budidaya, perikanan tangkap, dan juga pemasaran.

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengungkan, di sektor budidaya, KKP tengah mengembangkan proyek percontohan tambak udang di lima wilayah potensial, yaitu Aceh, Lampung, Cianjur, Sukamara (Kalimantan Tengah), dan Buol (Gorontalo).

“Kita harapkan ini menjadi salah satu basis tempat pembelajaran nelayan-nelayan pembudidaya/petambak kita untuk bisa langsung turun memiliki satu usaha yang secara korporasi,” kata Edhy dikutip laman setkabgoid, Selasa 6 Oktober 2020.

Menurut Edhy, tempat budidaya yang dibangun adalah seluas 5 hektare, yang diharapkan dapat digunakan pada akhir tahun dan bisa langsung dijadikan tempat percontohan.

Selain itu, lanjut Edhy, KKP juga mengembangkan konsep budidaya millenial shrimp farming atau tambak udang dengan bioflok di dua tempat, yaitu di Jepara seluas 50 hektare dan Situbondo seluas 40 hektare.

“Ini sekaligus tempat melatih anak-anak muda kita untuk melakukan budidaya tambak udang secara bioflok,” kata Edhy.

Tags : Nelayan , Kementerian Kelautan dan Perikanan

Berita Terkait