Jadi Timses Kampanye, UAS Disarankan Masuk Parpol

| Kamis, 03/12/2020 08:42 WIB
Jadi Timses Kampanye, UAS Disarankan Masuk Parpol Ustadz Abdul Somad. (Foto: tarbiyahnet)

RADARBANGSA.COM - Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Marwan Dasopang turus menyoroti sikap Ustaz Abdul Somad (UAS) yang menjadi tim kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hafit Syukuri-Erizal dalam Pilkada Rokan Hulu 2020.

Menurut Marwan, sikap UAS kontra produktif dengan posisinya sebagai penceramah dan pembimbing masyarakat, namun saat ini justru menjadi tim kampanye.

"Kalau saya menyarankan, ya kalau mengambil posisi bagian dari pembimbing masyarakat, katakanlah ustaz, ulama, ya sudah berkonsentrasi sajalah di situ. Tapi kalau ikut cawe-cawe di politik, langsung saja berpartai, masuk saja partai politik," kata Marwan kepada wartawan, Selasa, 1 Desember 2020.

Wakil Ketua Komisi VIII ini menghormati UAS selaku ulama. Marwan khawatir UAS mendapat kritik karena, selaku ulama, UAS juga menempatkan dirinya sebagai tim kampanye politik.

“Saya tentu menghormati beliau sebagai ulama, tidak senang juga nanti ada orang yang mengkritik UAS, kritiknya tidak enak didengar. Tapi karena dia menempatkan dirinya di situ (politik), itu menjadi sasaran," ujar Marwan.

Jika UAS mendapatkan kritik dari masyarakat saat berkampanye, Marwan meminta masyarakat tak menilai hal itu sebagai kriminalisasi. Padahal, dalam berkampanye pasangan politik, hal bisa melakukan penilaian dan evaluasi.

"Kalau dia berkampanye, nanti kan dijawab orang kan, nah begitu dijawab orang, jawaban orang terhadap isi kampanye itu ada yang tak mengenakkan, seolah-olah dibuat disebut kriminalisasi ulama. Padahal orang menjawab pandangan dia terhadap seseorang, namanya berkampanye itu kan menilai dan mengevaluasi, kemudian melekatkan yang baik kepada seseorang,” tukas Marwan.

Tags : PKB , Marwan Dasopang , UAS