Pemerintah Siapkan Vaksin Produk Biofarma untuk Masyarakat Umum

| Minggu, 31/01/2021 13:39 WIB
Pemerintah Siapkan Vaksin Produk Biofarma untuk Masyarakat Umum Vaksin Covid (Doc: Klik Dokter)

RADARBANGSA.COM - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengatakan, kemungkinan besar vaksin COVID-19 yang akan divaksinasi kepada masyarakat umum nantinya merupakan vaksin produksi dalam negeri.

 

Dengan vaksinasi produk lokal diharapkan akan lebih cocok untuk tubuh warga Indonesia. Vaksinasi corona tahap pertama menyasar tenaga kesehatan (nakes) dengan menggunakan vaksin Sinovac. Selanjutnya pejabat pemerintah dan masyarakat umum.

"Masyarakat umum akan mendapatkan vaksinasi corona setelah nakes dan tenaga pendukung lainnya selesai disuntik vaksin," ujar Muhadjir saat meninjau vaksinasi corona tahap kedua di RSUD Bung Karno Solo, Jawa Tengah, Jumat, 29 Januari 2021.

Muhadjir mengatakan vaksinasi masyarakat umum saat ini sedang disiapkan teknisnya. Untuk vaksin corona masyarakat umum diperkirakan akan menggunakan vaksin buatan lokal.

"Vaksinasi corona nakes buatan Tiongkok. Untuk masyarakat umum Insya Allah sudah bisa menggunakan yang diproduksi oleh Biofarma," kata dia.

Ia berharap masyarakat bisa bersabar untuk mendapatkan vaksin corona karena saat ini memang vaksinasi diutamakan untuk nakes terlebih dulu. Untuk vaksin sendiri sementara memang masih pakai Sinovac karena produksi Biofarma diprediksi baru bisa dipakai untuk vaksinasi April nanti.

"Presiden Jokowi sudah menyampaikan Februari ini kalau bisa sudah untuk masyarakat umum disuntik vaksin. Harapannya memang semakin cepat semakin baik," tandasnya.

Tags : Vaksin Covid , Biofarma

Berita Terkait