Satgas Jelaskan Alasan tenaga Kesehatan Divaksinasi Lebih Dulu

| Kamis, 04/02/2021 23:05 WIB
Satgas Jelaskan Alasan tenaga Kesehatan Divaksinasi Lebih Dulu Juru Bicara Satgas Penanganan Covid19 Prof Wiku Adisasmito (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito menjelaskan bahwa tenaga kesehatan merupakan profesi di tempat terdepan penanggulangan wabah virus corona. Mereka lebih berisiko tinggi hingga tiga kali lipat terinfeksi dibanding masyarakat umum.

"Jadi harus divaksin duluan agar mencapai herd immunitiy. Nakes rentan terpapar covid-19 karena mereka yang merawat pasien dan jumlahnya yang meninggal juga cukup tinggi. Ini harus kita lindungi karena aset bangsa untuk masa depan," terang Wiku dipantau dari kanal YouTube Kemenkes RI, Kamis, 4 februari 2021.

Pemerintah sendiri telah memulai program vaksinasi COVID-19 sejak 13 Januari 2021 silam. tenaga kesehatan menjadi prioritas utama yang divaksin.

Wiku mengungkapkan, program vaksinasi COVID-19 harus sukses untuk masa depan. Sebab, program ini berfungsi untuk memberikan perlindungan pada masyarakat.

"Jadi tidak ada waktu untuk berlama-lama dalam perencanaan, tapi perencanaannya juga harus bagus. Ternyata dalam beberapa saat ini kita sudah berhasil memvaksinasi lebih dari 600 ribu nakes. Tentunya kecepatan memvaksinasi serta proses yang aman dan terkendali dari waktu ke waktu pasti akan meningkat," ujarnya.

Tags : Satgas , Tenaga Kesehatan , COVID-19 , Indonesia , Vaksinasi