Ketua DPR RI Minta Tim SAR Maksimalkan Pencarian Korban

| Senin, 05/04/2021 21:01 WIB
Ketua DPR RI Minta Tim SAR Maksimalkan Pencarian Korban Kondisi pasca banjir bandang di salah satu desa di Flores Timur, NTT. (Foto: ekoranttcom)

RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI, Puan Maharani menyampaikan duka cita atas terjadinya bencana banjir bandang di Nusa Tenggara Timur, Senin, 5 April 2021 pagi. Puan meminta proses pencarian korban dan penanganan kedaruratan dimaksimalkan, dan waspadai bencana susulan.

“Duka cita mendalam untuk para korban banjir bandang di NTT,” kata Puan, dalam keterangan persnya, Senin, 5 April 2021.

Puan menuturkan, koordinasi penanganan banjir bandang di NTT itu harus melibatkan tim SAR di Flores dan di Provinsi NTT, Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) pusat dan daerah, TNI-Polri, serta pemerintah daerah.

“Terus lakukan pencarian korban. Koordinasi semua kekuatan SAR, dan tim SAR terdekat seperti di Bali dan NTB saya harap membantu pencarian korban,” tuturnya.

Politisi Fraksi PDI Perjuangan itu juga meminta pihak-pihak terkait untuk mencari penyebab banjir bandang sehingga tidak terjadi lagi di masa mendatang. Selain itu, jelasnya, penanganan kondisi darurat juga harus dilakukan dengan penyediaan obat dan makanan, trauma healing, penanganan masyarakat rentan (lansia, anak-anak, difabel, atau berkebutuhan khusus), serta mengantisipasi bencana susulan.

“Mitigasi bencana ditingkatkan, masyarakat dan Pemda serta BNPB setempat diharap waspada cuaca ekstrem. Kerahkan sumber daya daerah dan pusat. Kerahkan kekuatan dari Pemda/BPBD, TNI, Polri, masyarakat, dan semua stakeholders untuk melaksanakan tanggap darurat,” ujar Puan.

Tags : DPR RI , Banjir Bandang , SAR , NTT , Indonesia