Buka Raker Garda BMI, Sekjen PKB: Bantu Pekerja Migran Indonesia dengan Hati

| Rabu, 02/06/2021 15:35 WIB
Buka Raker Garda BMI, Sekjen PKB: Bantu Pekerja Migran Indonesia dengan Hati Sekjen DPP PKB, M Hasanuddin Wahid membuka Raker Garda BMI di kantor DPP PKB (foto Radarbangsa)

RADARBANGSA.COM - Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), M. Hasanuddin Wahid meminta DPP Garda Buruh Migran Indonesia (BMI) untuk tak henti memperjuangkan hak pekerja migran Indonesia yang berada di sejumlah negara dunia. Amanat itu disampaikan Cak Udin saat menghadiri sekaligus membuka Rapat Kerja Garda BMI di kantor DPP PKB, Jl Raden Saleh No. 9, Jakarta Pusat, Rabu, 2 Juni 2021.

“Garda BMI harus menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari semangat kaum pekerja migran, bahwa kita harus sanggup mengangkat harkat dan martabat masa depan mereka,” kata Cak Udin.

Menurut Cak Udin, Garda BMI yang merupakan organisasi sayap PKB itu tidak boleh hanya mengajari para pekerja migran untuk menuntut hak melalui jalan demostrasi, melainkan menuntun mereka untuk mendapat hak-hak lain di luar jalur pekerjaannya agar status sosialnya semakin baik.

Selain itu, Anggota Komisi X DPR RI ini juga berpesan agar Garda BMI menjadi rumah perjungan, pengharapan yang baik , dan senantiasa memberikan advokasi-advokasi secara konprehensif bagi seluruh pekerja migran.

“Perjuangkan hak pekerja migran dengan kecakapan-kecakapan ilmu pengetahuan. Yang terpenting adalah bahwa kita membantu mereka dari hati,” tegas Cak Udin.

Di lokasi yang sama, Ketua Umum Garda BMI, Imam Subali menyebut organisasi yang dipimpinnya merupakan salah satu bentuk kehadiran sekaligus menjadi rumah pembelaan bagi para pekerja migran.

Karenanya agenda utama Rapat Kerja DPP Garda BMI kali ini adalah merumuskan program strategis dan implementatif bagi pekerja migran Indonesia.

“Pekerja migran Indonesia masih membutuhkan kehadiran banyak pihak, mereka buth kehadiran kita. Tanpa kebersamaan kita semua, terutama kita sebagai pegiat-pegiat dan aktivis kemanusiaan nasib saudara kita para pekerja migran Indonesia tidak akan banyak berubah,” kata Imam.

Karena itu, Imam meminta seluruh pengurus dan kader Garda BMI di seluruh dunia untuk bersatu padu, menyamakan persepsi, dan memberikan perlindungan yang maksimal kepada para pekerja migran yang membutuhkan uluran bantuan dan pembelaan.

“Baik perlindungan hokum, ekonomi, dan juga perlindungan social. Peta perjuangan kita ini adalah manifestasi dari nilai-nilai perjuangan Partai Kebangkitan Bangsa, tanpa political will tidak mungkin semua perjuangan itu bisa tercapat,” tutur Imam.

Untuk diketahui, rapat kerja DPP Garda BMI dihadiri oleh seluruh pengurus tingkat pusat dan juga tingkat wilayah/Provinsi. Tak hanya itu, seluruh pengurus Garda BMI di sejumlah negara juga turut mengikuti Raker itu secara virtual, di antaranya dari Garda BMI Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Arab Saudi dan lainnya.

Tags : PKB , Garda BMI , PMI , Hasanuddin Wahid