Komisi VII DPR Nilai Indonesia Belum Serius Menuju Ekonomi Hijau

| Selasa, 06/07/2021 18:16 WIB
Komisi VII DPR Nilai Indonesia Belum Serius Menuju Ekonomi Hijau Ratna Juwita Sari (Anggota Komisi VII DPR RI). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi VII DPR RI, Ratna Juwita menilai Indonesia belum serius menuju praktik ekonomi hijau atau green economy. Menurutnya, belum ada regulasi yang jelas dan ekosistem usaha masyarakat yang masih nyaman di zona konvensional.

Bahkan, jelasnya, paket stimulus seperti kebijakan fiskal belum cukup mendorong pengembangan proyek-proyek green economy. Paket stimulus, lanjutnya, masih bersifat umum.

"Karena selama ini paket stimulus fiskal masih bersifat umum. Belum ada yang secara spesifik memberikan previllege kepada pegiat green economy," ujar Ratna seperti dikutip dari sindonews.com, Selasa, 6 Juli 2021.

Untuk itu, politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menegaskan perlu adanya regulasi yang jelas, salah satunya dengan mempercepat Rancangan Undang-Undang energi Baru dan Terbarukan (RUU EBT). Kemudian, pemerintah juga diminta berani memberikan insentif untuk menstimulus para pengusaha agar mau berinvestasi di green economy.

Ratna turut mengapresiasi langkah Kementerian ESDM menggandeng salah satu bank BUMN untuk mendukung pembiayaan pembangunan PLTS Atap. "Usaha yang patut diapresiasi dan seharusnya diikuti bank lainnya," tuturnya.

Tags : DPR RI , Green Economy , Paket Stimulus , Indonesia