Sri Mulyani Minta Standar Akuntansi Pemerintahan Ikuti Perkembangan Ekonomi

| Rabu, 06/10/2021 18:15 WIB
Sri Mulyani Minta Standar Akuntansi Pemerintahan Ikuti Perkembangan Ekonomi Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan standar akuntansi pemerintahan (SAP) secara berkala harus diperbarui, disesuaikan, dan diperluas memenuhi perubahan perekonomian yang terjadi.

"Ekonomi Indonesia juga akan dihadapkan pada banyak hal perubahan yang membutuhkan juga standar yang terus disesuaikan. Basis SAP untuk penyusunan laporan keuangan harus dapat menangkap kondisi yang begitu dinamis di dalam perekonomian maupun dalam bidang teknologi dan tantangan-tantangan besar,” ungkap Menkeu Sri Mulyani saat menjadi pembicara utama pada Acara Peringatan Hari Jadi Komite Standar Akuntansi Pemerintahan (KSAP) ke-17 Tahun 2021, Rabu 6 Oktober 2021.

Menkeu Sri Mulyani menjelaskan, tantangan ekonomi diantaranya teknologi digital dan perubahan ini. Menurutnya, tantangan ini membutuhkan SAP untuk menjaga dan mengawal akuntabilitas keuangan negara.

“Dengan teknologi digital, ekonomi berubah masuk kepada platform digital. Tentu ini menimbulkan banyak sekali konsekuensi termasuk di bidang akuntabilitas,” jelas Menkeu Sri Mulyani.

Menurut Menkeu, Era keuangan digital yang akan semakin masif membuka peluang kejahatan baru dalam melakukan penyelewengan, sehingga risiko dan juga manfaat yang diperoleh perlu disesuaikan.

“Saya berharap KSAP dan standar akuntansi pemerintah bisa memberikan prinsip-prinsip yang memberikan dukungan bagi para pelaku ekonomi termasuk Pemerintah supaya tidak segan melakukan langkah hari ini meskipun manfaatnya masih sangat panjang,” pungkas Menkeu.

Tags : SAP , Pemerintah , Keuangan , Kemenkeu

Berita Terkait