Komisi IV DPR Dorong Pengembangan Taman Nasional Bantimurung

| Sabtu, 16/10/2021 15:00 WIB
Komisi IV DPR Dorong Pengembangan Taman Nasional Bantimurung Anggia Erma Rini (Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PKB). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Komisi IV DPR RI mendorong pengembangan infrastruktur di Taman Nasional Bantimurung. Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Anggia Erma Rini menilai bahwa keterlibatan masyarakat serta dukungan dari pemerintah kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel) sangat penting. 

"Menurut saya itu tempat yang paling edukasi itu menjadi CORE, lebih diperkuat sebenarnya dari situ akan merembet mulai dari ekonomi, lalu kemudian pelestarian alam dan lainnya itu akan beruntut,” kata Anggia dilansir dari laman resmi DPR RI, Sabtu, 16 Oktober 2021.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengungkapkan, Taman Nasional Bantimurung menjadi contoh baik kerja sama para pihak seperti Pemkab, Balai Nasional dan juga masyarakat. Sehingga, lanjutnya, sangat disayangkan jika kawasan ini tidak dikembangkan lebih baik lagi mengingat kawasan tersebut merupakan The Kingdom of Butterfly, yakni habitat kupu-kupu yang harus dijaga dan dilindungi. 

"Ini tempat yang keren. Menurut saya penting untuk dikembangkan kembali, karena memang contoh kerja sama yang baik antara pemda, balai dan masyarakat juga. Apalagi sudah dijuluki The Kingdom of Butterfly, artinya di dunia ini satu-satunya spesies kupu-kupu yang sampai 245 (jenis), cantik-cantik banget. Saya pikir tidak hanya kupu-kupu yang dilindungi, tetapi banyak habitat yang lain juga dilindungi di Balai Nasional ini,” tuturnya.

Anggia juga mendorong Pemprov dan Pemkab memberikan atensi yang besar untuk pengembangan Taman Nasional Bantimurung ini. Hal ini, menurutnya, sejalan dengan pembahasan RUU tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (RUU KSDAE) yang tengah dibahas di Komisi IV DPR RI. 

Tags : DPR RI , Taman Nasional Bantimurung , Indonesia